بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 4 Kota Indonesia Mirip Wakanda
Go Green

Clock Link

Monday, February 26, 2018

4 Kota Indonesia Mirip Wakanda


Sejak diputarnya film Black Panther di bioskop, mata orang Indonesia tertuju pada tontonan yang satu ini. Bukan hanya karena aksi yang disuguhkan, namun juga bentuk kota fiksi bernama Wakanda yang di luar dugaan. Bayangkan saja, di balik kemiskinan yang ada di benua Afrika ternyata tersembunyi peradaban maju luar biasa. Jadi jangan kaget kalau banyak orang terkesima.

Namun siapa sangka legenda tentang kota misterius dengan peradaban super maju juga ada di Indonesia. Serupa dengan Wakanda, kota-kota ini seolah tertutup dinding tak kasat mata yang memisahkannya dari luar. Lalu kota apa saja itu? Simak ulasan berikut.


Kota Saranjana


Kota yang satu ini pasti sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia, ya Saranjana sudah jadi legenda yang masih dipercaya. Entah Wakanda terinspirasi oleh Saranjana atau sebaliknya, namun keadaan kedua itu hampir-hampir sama. Adanya dinding tak kasat mata membuat dua kota itu seolah tidak bisa terlihat mata biasa. Serupa dengan Wakanda, banyak orang percaya kalau Saranjana dihuni oleh penduduk dengan kebudayaan lebih maju ketimbang di luarnya.

Dari cerita netizen, banyak yang mengaku sering mendengar suara unik seperti kendaraan serta keramaian saat malam tiba di sekitar gunung Saranjana saat malam tiba. Bahkan yang paling aneh, penduduk kota ini sempat memesan serta membayar lunas beberapa kendaraan besar untuk dikirim ke sana, namun ketika ditemui hanya hutan kosong semata.


Kota Wentira


Ada di salah satu daerah di Sulawesi, pasalnya ada sebuah tugu masuk kota namun didirikan di sekitar belantara. Usut punya usut, tugu berwarna kuning itu adalah tanda masuk ke kota Wentira, sebuah kawasan tak kasat mata yang melegenda. Banyak yang bilang kalau Wentira ini adalah sebuah kota jin, namun banyak juga yang mengatakan kalau sejatinya penghuninya manusia.

Namun yang membuat beda adalah peradabannya yang dianggap lebih maju ketimbang daerah-daerah di Indonesia. Orang-orang sekitar percaya kalau penduduk Wentira akan muncul pada waktu-waktu tertentu, memakai pakaian kuning dengan segala kendaraan canggih yang belum pernah dilihat.


Padang 12


Serupa dengan kota yang lain, tempat yang satu ini sering dihubung-hubungkan dengan hal gaib dan misterius. Itu bukan hal yang aneh mengingat sudah banyak orang yang mendengar tentang keunikannya. Terletak di sekitar Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, daerah ini dipercaya tidak bisa dilihat dengan mata manusia biasa.

Namun menurut penduduk setempat, banyak terdengar suara kendaraan lalu lalang dan keramaian pada waktu-waktu tertentu. Suatu waktu penduduk Padang 12 (suku limun)dipercaya sempat datang ke pasar untuk membeli barang, namun mereka membayarnya menggunakan rempah-rempah. Uniknya keesokan harinya rempah itu akan berubah jadi emas.


Kota Paloh


Kembali lagi ke pulau Kalimantan, ternyata ada lagi satu kota misterius yang ada di sana. Ya, kota atau kerajaan Paloh juga punya pamor yang besar di sana. Seolah ditutupi oleh dinding tak kasat mata, banyak orang uang percaya kalau di daerah ini punya peradaban yang berkali-kali lebih maju ketimbang biasanya.

Bahkan di kota itu pula ada pemerintahannya sendiri yang masih berbentuk kerajaan. Oleh sebab itu banyak yang mengaitkannya sebagai suatu kerajaan gaib, lantaran juga banyak kejadian hilang orang atau kapal di sekitar sana.

Adanya film Black Panther beberapa waktu yang lalu, tentu mengingatkan kita pada beberapa kota misterius yang ternyata juga ada di Indonesia. Bisa dibilang kalau ini adalah Wakanda rasa kearifan lokal. Masalah percaya atau tidak dengan kota ini, tentu jadi pilihan masing-masing.

s

No comments:

Post a Comment