بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Hal-hal dalam Film Black Panther yang Ada di Dunia Nyata
Go Green

Clock Link

Friday, February 23, 2018

Hal-hal dalam Film Black Panther yang Ada di Dunia Nyata



1. Baju T'Challa


"Baju Koko Black Panther" adalah Agbada, pakaian adat pria di Afrika Utara maupun Afrika Selatan.


2.Luka di tubuh Killmonger


Musuh utama T'Challa adalah Killmonger. Dia memamerkan bentol-bentol yang ada di tubuhnya. Bentol-bentol itu merupakan luka. Luka itu diberi lilin dan minyak herbal Setelah diberi minyak herbal, luka tersebut akan menonjol seperti sisik buaya. Kemungkinan semakin banyak luka, semakin menandakan bahwa orang itu hebat.


3.Sejenis topi atau aksesoris di kepala Ramonda


Ibu T'Challa memakai aksesoris berupa topi yang digunakan Suku Zulu saat menikah. Aksesoris ini bernama "Isicholo". Meskipun tidak 100% mirip dengan yang digunakan Ibunda T'Challa tapi mungkin teinspirasi dari Suku Zulu. 


4.Kalung berlapis Jenderal Okoye


Dalam film Black Panther ada seorang Jenderal yang selalu mendampingi sang raja nih ternyata namanya Okoye. Terlihat dia selalu memakai kalung beberapa lapis. Di Afrika Selatan kalung tersebut sebagai simbol kekayaan dan status. 


5.Selimut Basotho W'Kabi, sahabat si T'Challa dan bebebnya si Okoye


W'kabi menggunakan selimut sebagai senjata yang disulam menggunakan vibranium. Selimut ini terinspirasi dari masyarakat Lesotho yang menggunakannya dengan melingkarkannya di leher. Sementara designnya terinspirasi dari kain traditional masyarakat Sesotho. 


6. Piring yang di letakkan di bibir


Beberapa bagian menunjukkan adanya perwakilan atau dewan yang cukup menarik perhatian, yaitu memakai piring di bibirnya. Itu tradisi Suku Mursi dan Surma di Afrika. Biasa disebut Lip Plate atau dhebi a tugoin. Piring tersebut biasanya terbuat dari keramik atau tanah liat. Penyematan ini menandakan sebuah kebanggaan bagi yang mengenakan, seringnya seorang pria yang dianggap senior dalam suku atau perempuan yang sudah mengandung akan mengenakan piring di bibirnya. Cara memakainya pun nggak sesulit yang kamu bayangkan, tapi akan lebih sakit dari yang kamu kira. Lempengan kecil awalnya disematkan di bibir hingga bibir melebar dan terluka. Ketika lukanya sembuh, lempengan lebih besar disematkan. Begitu terus sampai lempengan dengan ukuran ‘normal’ benar-benar bisa muat di bibir bawah.


7. Aksesoris yang digunakan karakter lain


Kostum dan make up yang digunakan dalam film ini kebanyakan terinspirasi dari tradisi warga di Barat Laut Namibia. Mereka seringkali memulas kulit mereka dengan semacam lulur dari lemak susu dan pigmen berwarna merah bata yang mereka sebut “otjize”. Tujuannya adalah buat melindungi kulit mereka dari iklim panas Afrika yang sangat menyengat. 


8. Kostum berwarna-warni


Ketika melakukan upacara pengangkatan T’Challa menjadi raja di Wakanda, berbagai suku terlihat mengenakan busana berwarna cerah. Ternyata kostum ini mengambil inspirasi dari pakaian asli suku Maasai di Afrika Timur. Sang kostum desainer terinspirasi dari kesan futuristik dengan berbagai ornamen unik dari suku ini.


s

No comments:

Post a Comment