بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Maryam Mirzakhani, Wanita Pertama Raih Medali Matematika Setara Nobel
Go Green

Clock Link

Wednesday, August 13, 2014

Maryam Mirzakhani, Wanita Pertama Raih Medali Matematika Setara Nobel


TEMPO.CO, Seoul – Ahli matematika kelahiran Iran, Maryam Mirzakhani, pada Rabu, 13 Agustus 2014, menjadi wanita pertama yang dianugerahi Fields Medal, yakni penghargaan khusus di bidang matematika yang setara dengan hadiah Nobel.
Mengutip laporan Reuters, profesor di Universitas Stanford California ini merupakan satu dari empat penerima Fields Medal di Kongres Matematika Internasional yang diadakan di Seoul, Korea Selatan. Ia menjadi wanita pertama yang meraih penghargaan ini sejak penghargaan ini didirikan pada tahun 1936 lalu.
»Ini merupakan kehormatan besar. Aku sangat senang jika ini memotivasi para ilmuwan perempuan,” kata Maryam seperti dikutip situs resmi Universitas Stanford. Ia juga menyatakan keyakinannya bahwa ada lebih banyak wanita yang akan memenangkan penghargaan ini dalam tahun-tahun mendatang.
Maryam lahir di Teheran pada 37 tahun lalu dan menetap di sana sampai ia mulai bekerja di Universitas Harvard. Meski bermimpi menjadi penulis, Maryam begitu bersemangat memecahkan masalah matematika. Penghargaan ini ia dapat atas karyanya dalam memahami simetri permukaan melengkung.

No comments:

Post a Comment