بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 7 Gabungan Game Yang Perlu Diwujudkan Setelah Pokemon + Tekken
Go Green

Clock Link

Sunday, August 31, 2014

7 Gabungan Game Yang Perlu Diwujudkan Setelah Pokemon + Tekken

Ya, di minggu terakhir bulan Agustus ini kita dikejutkan oleh kabar game Pokken- alias Pokemon Tekken yang kemunculannya sendiri tidak diduga oleh para fans sebelumnya. Meskipun konsepfighting yang diusung Pokken tadi awalnya terdengar sedikit memaksa bagi pandangan para gamerawam di luar sana, namun yang jelas hal itu tadi tidak akan menutupi kemungkinan elemen fun yang bakal kita jumpai apabila kita berkesempatan menjajal mesin kabinet arcade dari Pokken buatan Nintendo dan Bandai Namco tersebut nantinya.
Nah berangkat dari kejutan di akhir bulan Agustus tadi, dalam kesempatan kali ini saya berniat untuk mengajak imajinasi kita sedikit menggila dengan imajinasi “memaksa” seputar gabungan game (mash-up) apalagi yang perlu diwujudkan oleh para pelaku industri game AAA di luar sana.

Final Fantasy + Dynasty Warriors = Final Fantasy Warriors

Final Fantasy Musou | screenshot
Kira-kira seperti inilah gambaran kasar dari Final Fantasy Warriors nanti (PS: sedikit editan dari screenshot FF XV)
Yep, tahun ini KOEI memang telah berhasil membuat kita terkaget-kaget lewat kerjasamanya dengan Nintendo guna menghasilkan game Hyrule Warriors yang sama sekali tidak terduga sebelumnya. Jadi sekarang tidak ada salahnya juga bagi kita untuk memaksa logika dan imajinasi gamer kita guna mengantisipasi kemungkinan munculnya spin-off KOEI Warriors berikutnya: apalagi kalau bukan Final Fantasy Warriors (khu..khu..khu..khu).
Sebagai gambaran imajinasi kecil dari mash-up game yang satu ini, kamu dipersilahkan untuk membabat habis gelombang musuh yang ada di layar melalui serangan berbagai karakter hero danheroine yang telah muncul dari serial game Final Fantasy sebelumnya.
Kamu bisa berandai-andai menjadi Cloud yang menunggangi seekor Chocobo sambil memegang pedang besar andalannya untuk membabat habis semua pasukan Shinra yang ada di layar, atau jika kamu ingin berkhayal lebih ekstrim lagi, kamu bisa mengeluarkan serangan spesial alias “musou”berwujud summon dari serial FF yang sudah ada (Ifrit, Shiva, dan kawan-kawan) untuk membubarkan formasi musuh yang bergerombol di tengah lapangan.

Capcom Character +  Super Smash Bros Brawling Style = Tribut Klasik Paling Asyik Dari Capcom

Capcom character united | screenshot
Karakter berbentuk deformed sudah disiapkan oleh Capcom, tinggal implementasinya kedalam game fighintg brawl kapan?
Capcom memang tergolong sebagai publisher yang getol mempertemukan gabungan karaktergame yang dimilikinya dengan grup karakter populer lain seperti Marvel, SNK, dan anime Tatsunoko ke dalam sebuah game fighting yang lebih berkiblat ke gameplay Street Fighter dibandingkan menonjolkan elemen fun ala permainan brawl dari Super Smash Bros.
Jika seandainya Capcom bersedia mewujudkan mash-up gameplay yang cukup seru ini, bukan tidak mungkin jika kedepannya nanti mereka akan menjangkau segmen gamer yang lebih luas lagi lewat sebuah tribut kemunculan tokoh Capcom favorit para fans dalam game fighting brawl yang mudah dimainkan namun sulit untuk dikuasai seperti gameplay Smash Bros pada umumnya.

Game of Throne + Guilty Gear Style Mortal Kombat Fatality = “Brace Yourself, Death is Coming”

Game of Thrones combat | screenshot
Awas, jangan terlalu bersemangat hingga akhirnya kamu lengah dan jadi korban overkill…
Fans Game of Throne mana yang tidak ingin menghajar tokoh antagonis serial TV favorit mereka di layar kaca? Jika pengarang novel Game of Thrones (A Song of Fire and Ice) George R.R Martin mau menyelesaikan konflik antar house yang terjadi di seantero wilayah Westeros secara ringkas, jelas, dan tak harus bertele-tele hingga mencapai season ke-7, maka sebuah turnamen pertarungan ala Mortal Kombat-lah jawabannya. Jadi, ketika salah satu anggota keluarga Lannister ada yang berdiri sempoyongan sambil diiringi kalimat perintah bertuliskan “FINISH HIM!” di depan layar televisimu, kamu sudah tahu apa yang harus kamu lakukan di sini? (Fatality).
p.s.: Gambar di atas merupakan fan-art luar biasa buatan Dynamaito. Cek akun Deviant Art diauntuk art serupa lainnya.

Dota 2 + Street Fighter Style = Free-To-Play Impian Dari Valve

Valve memang sudah memberi akses kepada komunitas modder untuk memodifikasi game Dota 2agar para gamer di luar sana bisa merasakan versi lain dari Dota 2 dengan core-gameplay yang di luar pakem mereka sebelumnya. Namun demi konsep game mash-up bergaya fighting yang satu ini, alangkah baiknya jika Valve sendiri yang turun tangan untuk menggarap salah satu ide gila dari para fans untuk memuaskan hasrat pertarungan 1 lawan 1 bagi para player Dota 2 di luar sana.
Bayangkan betapa serunya perserutuan hero andalan kamu saat bertarung membuktikan siapa yang terhebat lewat Dota 2 Fighter ini, entah itu kamu bermain sebagai Lina yang jago memberimu lemparan serangan bola api dari kejauhan (namun lemah dari segi combo jarak dekat), atau kamu ingin bermain licik sebagai Riki yang tidak segan-segan menghilang demi sebuah kesempatan untuk meluncurkan backstabbing combo dari belakang. Owning!

Pokemon  + Skylanders Games + NFC Figurine = Penguras Dompet Dari Nintendo

Amiibo Pokemon Skylanders | screenshot
Saya yakin jika mash-up ini terlaksana, bapak ibu di Amerika pada menghindarkan anaknya untuk berbelanja bersama
Semenjak diperkenalkannya konsep mainan amiibo yang menggunakan NFC figurine ala game Skylanders buatan Activision pada beberapa waktu yang lalu, saya rasa Nintendo dan barisan line-up game Pokemon berikutnya bisa memanfaatkan konsep mini figurine ini untuk membuat sebuah game petualangan para Pokemon dalam menjelajahi dunia mereka yang luas.
Memang untuk mewujudkan konsep game “Pokemon” adventure yang satu tadi, Nintendo harus berhadapan dengan inovasi mainan Skylanders milik Activision yang selalu mendapatkan update terbarunya melalui iterasinya di setiap tahun, namun bukankah Disney sendiri juga sudah berani mencobanya lewat kemunculan game Disney Infinity? Jadi tidak salahnya kan bagi pemain lama Pokemon Red & Blue seperti saya membayangkan kemunculan mash-up yang berpotensi mengorek isi dompet kita semua ini?

Super Mario Bros + Saints Row/GTA “Free Roaming” Style = Super Mario World Adventures!

Yep, keberadaan elemen free roaming dalam game Mario sendiri memang sudah ada semenjak dirilisnya Super Mario 64 di tahun 1996 silam. Namun hingga tulisan ini dipublikasikan, belum ada satupun game open-world dari si tukang ledeng ini yang membolehkanmu membajak sebuah mobiltempurung kura-kura Koopa Troopa untuk mengelilingi luasnya isi dunia Mushroom Kingdom tanpa keberadaan loading time sama sekali.
Dengan mengedepankan aspek eksplorasi yang jauh lebih open-ended dibandingkan aksi Mario digame sebelumnya, saya yakin serial game platformer legendaris buatan Nintendo ini bakalan jauh lebih menarik lagi apalagi dengan penampilan visual Mario dan Luigi yang lebih matang sesuai dengan penggambaran fans video buatan JFletcho di atas tadi.

Bayonetta + Devil May Cry = FULL DUAL GUN ACTION!

DMC Bayonneta | screenshot
Fan art by ReiQuintero
Dengan melihatnya secara sekilas saja, kalian tentu sudah bisa menangkap kesamaan Dante (Devil May Cry) yang juga dimiliki oleh penyihir cantik berpenampilan bohaydari game Bayonetta buatan Platinum Games ini? Yep, dengan keberadaan dual gun serta beragam aksi eksplosif yang tiada habisnya diumbar di layar TV kalian, saya rasa mash-up dari dua game ini bukanlah hal yang bukan tidak mungkin terjadi mengingat Capcom dan Platinum Games (ex-Clover Studio) sendiri memiliki hubungan sejarah yang terjalin saat memprouksi game action seperti Okami dan Viewtiful Joe di eraconsole PlayStation 2 dulu.
Jadi bisa kalian bayangkan sendiri bagaimana liarnya serangan combo dalam game mash-upini seandainya duet putra setan dan penyihir seksi ini benar-benar terjadi di kemudian hari? Its…gonna be awesome.

Bonus -

Final Fantasy Pokemon | screenshot
Final Fantasy VII + Pokemon – fan art byAndrewRyanArt
Mario Kombat | screenshot
Super Mario Kombat – fan art byHarebrained!
Final Fantasy Street Fighter | screenshot
Final Street Fantasy Fighter VII – fan art byGenzoman

Well, itu tadi hanyalah sebagian kecil dari imajinasi terliar di GiA yang saya harapkan bisa menambah semarak hari libur kalian akhir pekan bulan Agustus ini. Tentunya di sini kalian juga bebas untuk memberikan gambaran game mash-up impian kalian sendiri melalui kolom komentar di bawah. Jadi tunggu apalagi? Silahkan berikan gambaran game gabungan terliar kalian di sini, dan kami dengan senang hati akan menjadi telinga yang setia menangkap imajinasi kalian setelah membaca tulisan game mash-up di atas tadi.
Artikel ini hanyalah opini dan angan-angan dari penulis, bukan merupakan berita konfirmasi bahwa judul-judul game di atas akan sungguh-sungguh dirilis.






s

No comments:

Post a Comment