بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Inggris Segera Miliki Pastor Wanita
Go Green

Clock Link

Tuesday, July 15, 2014

Inggris Segera Miliki Pastor Wanita


Inggris Segera Miliki Pastor Wanita

TEMPO.CO, York – Inggris akhirnya akan memiliki pastor wanita setelah perdebatan selama berabad-abad atas langkah modernisasi ini. Setelah melalui perdebatan selama lima jam pada Senin, 14 Juli 2014, di Universitas York, Inggris, General Synod, sebuah badan pengawas Dewan Gereja Inggris (Chruch of England) sepakat untuk mengabulkan permohonan tersebut.
Mengutip laporan Telegraph, Dewan Gereja akan melakukan amandemen atas aturan yang berlaku selama ini setelah hasil voting menunjukkan sebanyak 251 orang setuju, 72 menolak, dan 10 lainnya abstain. Pertemuan ini dihadiri sejumlah uskup, pastor, dan kalangan lainnya.
Hasil pertemuan ini kemudian akan dibawa ke Parlemen Gereja serta Majelis Rendah dan Majelis Tinggi Parlemen Inggris untuk mendapat pertimbangan lebih lanjut. Jika usulan ini diterima Parlemen, Dewan Gereja akan menggelar pertemuan pada 17 November mendatang guna menyatakan secara resmi bahwa wanita bisa menjadi pemimpin gereja.
Kontroversi tentang boleh-tidaknya perempuan sebagai pastor di Gereja Anglikan Inggris sebenarnya sudah ada putusan. Tepatnya lebih 20 tahun lalu Gereja Inggris memutuskan perempuan dapat menjadi pastor. Hanya, kelompok-kelompok penentang tetap menolaknya. Nah, sekarang hampir semua kelompok oposisi itu menerima putusan yang membolehkan perempuan sebagai pastor.
Kekhawatiran yang selalu muncul dari para pendukung perempuan sebagai pastor adalah pastor perempuan tidak sepenuhnya memiliki wewenang menjalankan tugas.
Kesepakatan yang diambil pada Senin, 14 Juli 2014, dianggap sejarah besar dalam Gereja Anglikan Inggris. Adapun perempuan menjadi pastor sudah biasa di Gereja Anglikan di negara-negara lain, seperti Amerika Serikat, Kanada, Afrika Selatan, Australia, dan Selandia Baru.  

No comments:

Post a Comment