بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: ERP Mulai Diuji Coba di Jakarta
Go Green

Clock Link

Tuesday, July 15, 2014

ERP Mulai Diuji Coba di Jakarta


Sore ini, ERP di Jakarta akan mulai diuji coba

MERDEKA.COM. Setelah selesai dipasang, Electronic Road Pricing (ERP) yang terletak di depan Panin Bank, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat akan mulai diuji coba. Uji coba akan dilakukan pada Selasa (15/7) sore.

"Uji coba akan mulai nanti sore pukul 16.00 WIB," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Muhammad Akbar kepada merdeka.com.

Gerbang ERP ini dibuat oleh perusahaan asal Swedia, Kapsch. Pemasangan gerbang ERP itu membutuhkan waktu selama sepekan.

Dalam gerbang ERP adalah tiga mesin yang dipasang untuk mendeteksi On Board Unit (OBU). Alat itu akan diletakkan di setiap kendaraan. Dalam tahap uji coba, OBU akan diberikan secara acak setiap kendaraan yang melintasi Jalan Sudirman.

Tiga mesin dalam ERP adalah; VDC Passage (sensor untuk mendeteksi jenis kendaraan), VR sensor (kamera yang bisa mengambil gambar pelat nomor kendaraan kalau melanggar aturan atau sisi pengawasan), dan Transceivers (penerima data dari OBU).

Nantinya kendaraan yang sudah terpasang OBU ketika melintas dan melewati gerbang ERP maka saldonya akan terpotong secara otomatis. Untuk kendaraan yang tidak memiliki OBU, maka akan langsung terdeteksi dan direkam pelat nomornya kemudian mendapatkan surat tilang yang dikirim ke rumah.

Dalam uji coba ini, sebanyak 50 kendaraan akan diberikan OBU. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah alat dalam ERP mampu mendeteksi kendaraan yang sudah terpasang OBU. Uji coba ini diperkirakan akan berlangsung selama enam bulan.

No comments:

Post a Comment