بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Pengapalan Perangkat Android di Indonesia Menurun
Go Green

Clock Link

Saturday, March 1, 2014

Pengapalan Perangkat Android di Indonesia Menurun



TEMPO.CO, Jakarta - Jumlah pengapalan perangkat bergerak berplatform Android menjadi yang tertinggi di Indonesia pada 2014. Dari total 60 juta pengapalan perangkat bergerak, Android berkontribusi sebesar 78 persen.

Angka ini turun 3 persen dibandingkan tahun lalu, yang jumlah pengapalannya mencapai 81 persen. Berikutnya adalah perangkat BlackBerry sebesar 8 persen yang turun dari 13 persen. Kemudian iOS yang tetap stabil 4 persen. Adapun Windows Phone naik menjadi 9 persen dari 2 persen di tahun lalu.

Associate Director and Head of Operations IDC Indonesia Sudev Bangah memprediksi Android tetap menguasai pasar. "Meski peningkatan jumlah pengapalan Windows Phone terbilang tinggi, belum ada yang bisa menandingi Android," katanya di Jakarta, Selasa 25 Februari 2014.

Sudev menyebutkan, Android menjadi favorit karena sistem operasi ini bisa digunakan di beragam kategori ponsel pintar dan sabak digital. Terlebih kini penggunaan Android di Tanah Air dipacu oleh kehadiran produk yang dijual dengan harga terjangkau. "Meski kualitasnya belum terjamin, namun perangkat Android dengan harga murah sangat diminati."

Dia mengatakan tingginya kenaikan jumlah pengapalan perangkat berbasis Windows Phone dipicu oleh penggunaan dari konsumen perusahaan. "Ini juga merupakan faktor yang menentukan enterprise mobility," ujar Sudev.

No comments:

Post a Comment