بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Semut-semut yang Berkemampuan Khusus
Go Green

Clock Link

Sunday, February 16, 2014

Semut-semut yang Berkemampuan Khusus

The Trap-Jaws



Nama Latinnya Odontomachus atau juga dikenal sebagai "Trap Jaw" (Rahang Perangkap) semut ini memiliki rahang super kuat yang bisa terbuka lebar dan bekerja kayak perangkap tikus dengan kekuatan 300 kali berat badan mereka yang befungsi sebagai senjata untuk menagkap mangsa , untuk melontarkan diri saat dalam bahaya dan untuk melontarkan serangga lain.


The Weavers


Nama latinnya Oecophylla smaragdina dengan nama keren The Weaver (Si Penenun) semut ini memiliki kemampuan unik untuk menjahit atau menenum daun2 untuk dijadikan sarang di atas pohon dengan cara bersama sama menarik daun dan ranting2 kecil di pohon dan kemudian dilekatkan dengan sutra.


The Living Larder


Semut ini berasal dari genus Myrmecocystus dengan nama keren Living Larder atau Kulkas Hidup. Semut ini memiliki cara sendiri dalam menyiman makanan, caranya adalah semut2 pekerja akan memberi makan semut2 ini sampe mereka FULL sampe bisa seukuran buah anggur , perut mereka diisi zat makanan seperti lemak dan gula dan kemudian semut penyimpan ini akan dijaga ketat oleh semut lain di bawah tanah.


The Door Head 


Termasuk dalam genus Cephalotes semut ini memiliki bentuk kepala unik, yaitu kepala yang besar dan datar dan tebak fungsinya apa ? diluar dugaan, fungsinya adalah sebagai SUMBAT pintu markas mereka, makanya kadang disebut Door Ants atau semut pintu .


The Velcro Killers


Nama Latinnya Allomerus decemarticulatus


The Usurpers


Nama Latinnya Solenopsis daguerrei atau The Usurper yang artinya Perampas Kekuasaan, beda dangan semut lain yang coloninya berisi ratu dan pekerja, semut ini tidak memiliki pekerja, hanya ratu dan semut jantan . Cara mereka hidup sesuai namanya, yaitu merampas kekuasaan koloni lain , tapi bukan dengan perang, melainkan setelah ratu dibuahi, dia akan menyusup ke sarang semut lain dan menyamarkan diri dengan Feromon , si ratu akan mencari ratu semut lain sebai korban untuk dijadikan inang , yang kemudian akan dijadikan sumber nutrisi sampai akhirnya si korban mati. Saat telur2nya menetas, para pekerja.


The Cannibal Vampires


Berasal dari genus Adetomyrma semut ini memiliki rahang yang bisa menyengat dan sengatannya sangat menyakitkan (katanya dapet sifat brutal karena lebih dekat dengan WASP (semacem tawon) daripada SEMUT), bahkan semut dewasa ini bisa membunuh kelabang yang ukurannya jauh lebih besar dari mereka, lalu kenapa namanya cannibal vampire? Karena kelabang bukan makanannya, menu utama mereka adalah haemolymph ("darah" serangga) yang berasal dari LARVAnya sendiri. Caranya, yaitu dengan menyobek badan si larva dan secara berkala mengambil darah si larva ini, tapi dalam jumlah yang tidak mematikan.


The Suicide Bombers


Nama Latinnya Camponotus saundersi dan menurut ane ini adalah semut tercanggih yang ada, kenapa? liat namanya Suicide Bombers , kenapa ? karena mereka bisa MELEDAK. Untuk melindungi para semut muda dan tentunya Sang Ratu, semut ini rela meledakkan dirinya. Meskipun itu bukan senjata utama mereka, senjata mereka adalah rahang superbesar dan tersambung dengan kelenjar racun yang mematikan, saat benar2 terdesak, mereka bakal meledakkan diri sampe racun di badan mereka tumpeh2 ke musuh macam yang ada di gambar.


The Army Ants


Nama Latinnya Eciton burchellii ,kalau yang sebelumnya banyak yang skill-nya individual, beda dengan army ants ini, mereka mencari makan dengan cara "raid" atau rampok, para army ants akan keluar dari sarang dengan jumlah yang sangat banyak, mereka berjalan membentuk sebuah jalur dan bakal menyerang korban yg potensial di sekitar jalur mereka, termasuk laba laba, kalajengking, tarantula, dll, setelah dibunuh, mangsa kemudian akan digiring balik ke markasnya.


RAID




The Zombie Ants


Semut ini dikatakan zombie karena diinfeksi jamur di badannya. Jamur ini bakal menempel di kulit luar semut dan perlahan2 masuk ke dalam. Semut yg terkena serangan jamur ini akan menjadi kayak zombie yang di-mind control oleh si jamur sampai akirnya si semut bakal dibunuh dan si jamur mencari inang baru


The Bullet Ants


Nama Latinnya adalah Paraponera clavata kalau bayangin rahang Jaw Trapper aja udah ngeri bayangin gigitannya. Saya perkenalkan Paraponera clavata. Semut ini mendapat julukan Bullet Ant karena rasa sakit dari gigitannya bisa menyerupai rasanya tertembak peluru, bahkan menjadi binatang dengan gigitan paling menyakitkan menurut Justin Schmidt’s 4-point sting pain index:

"Pure, intense, brilliant pain. Like fire-walking over flaming charcoal with a 3-inch rusty nail in your heel." 


The Farmer Ants


Semut - semut ini terdiri dari dua genus yaitu Acromyrmex dan Atta, kesaktiannya adalah rahang mereka bisa bergetar sangat cepat untuk memotong daun :

 
eits, gak berenti disitu aja kesaktiannya, semut ini termasuk salah satu hewan dengan kehidupan sosial terbaik dan terkompleks setelah manusia.
Jadi awalnya si Ratu semut sebelom memulai koloni, bakal mencari lahan yg cocok untuk dijadikan sarang, namun presentase suksesnya hanya 2,5%. Setelah berhasil membangun koloni, mulailah kesaktian utama mereka dijalankan, yaitu bercocok tanam jamur , dalem sarang yang bisa mencapai panjang 30 dalam tanah , si ratu lebah bakal meletakkan indukan jamur yang dia bawa dalam rongga mulut dan semut semut pekerjanya bakal mulai memelihara para jamur ini, caranya ? dikasih makan daun.


daun2 tadi bakal menjadi kompos buat si jamur, dan sebagai bentuk simbiosis mutualisme, getah yang dihasilkan para jamur bakal diapake sebagai sumber makanan larva semut. 
canggihnya lagi, si jamur juga bisa ngasih sinyal ke para semut kalo misalnya daun yg dibawa mengandung racun dsb, sehingga para semut bisa berenti motong2 jenis daun itu dan mencari daun lain.

Kehebatan hidup sosial lainnya, kalo berkebun jamur ini juga pasti ada limbah dari daun yang gak terurai, jadi semut - semut yang dewasa bakal bertugas buat bersih bersih membuang limbah biar gak ada jamur jahat yang tumbuh sementara semut yang masih muda bakal bekerja menjaga para jamur


The Bulldog


Nah, pada taunya semut kecil - kecil aja kan ? Perkenalkan, Bulldog Ants.
Kenapa dinamain bulldog ? karena ukuran rahang dan ukuran badannya gan, bisa sampe lebih dari 4cm 


Badnewsnya buat agan agan sekalian, semut ini bukan semut yang baik, tapi semut yang ganas, bahkan agresif bgerakannya cukup cepat, dan bahkan bisa loncat untuk menghampiri mangsanya.

Badnews berikutnya, semut ini punya racun yang cukup berbahaya dan bisa nimbulin alergi pada sebagian orang, gigitannya juga katanya bisa kerasa sakit sampe beberapa hari.

Badnews berikutnya, meskipun gak terlalu sensitif dalam merasakan zat kimia , semut ini punya penglihatan yang tajam dan bahkan bisa mengetahui kalo ada penyusup yang jauhnya 1 meter dari mereka.

Badnews berikutnya lagi , kalo semut lain butuh ratu untuk bereproduksi, di koloni Bulldog Ants terdapat semut semut betina yang bisa bereproduksi juga, sehingga mereka gak tergantung para si ratu dalam kelangsungan spesiesnya, bahkan konon katanya pernah diketemuin koloni yang udah hidup 3 tahun tanpa dipimpim ratu.


BONUS:


Semut Semai atau Serangga Tomcat (nama ilmiah: Paederus littoralis), disebut pula Kumbang Rove (Rove Beetle) atau dengan nama daerah Semut Kayap atau Charlie di Indonesia, adalah kelompok utama dari hewan beruas (Arthropoda) yang termasuk dalam keluarga besar Kumbang (Staphylinidae), terutama dibedakan oleh panjang pendeknya penutup pelindung sayap ("sayap berlapis") yang meninggalkan lebih dari setengah dari perut mereka terbuka. Dengan lebih dari 46.000 spesies dalam ribuan generasi, kelompok ini adalah keluarga kedua terbesar kumbang setelah Curculionidae (kumbang yang sebenarnya). Serangga ini termasuk kelompok serangga kuno, dengan fosil serangga tomcat diketahui dari Jaman Triassic atau pemusnahan mahluk hidup di Bumi sekitar 200 juta tahun lalu.

Tomcat tidak mengigit ataupun menyengat. Tomcat akan mengeluarkan cairan secaraotomatis bila bersentuhan atau bersentuhan dengan kulit manusia secara langsung. Gawatnya, Tomcat juga akan mengeluarkan cairan racunnya ini pada benda-benda seperti baju, handuk, ataupun benda-benda lainnya. Pada jenis serangga tertentu, terdapat cairan yang diduga 12 kali lebih kuat dari bisa ular kobra. Cairan hemolimf atau toksin ini disebut sebagai 'aederin' (C24H43O9N). Jika sudah terkena dermatitis, segera bersihkan seprei, sapu tangan, handuk, pakaian maupun benda-benda yang disinyalir terkena racun tomcat.

No comments:

Post a Comment