بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Gua Buniayu
Go Green

Clock Link

Saturday, February 1, 2014

Gua Buniayu


Berwisata menyusuri Gua memang mengasikkan & punya sensasi yg berbeda

Wisata Pantai dan Pegunungan sudah banyak kita kunjungi, mungkin kita mau Wisata alternatif dengan tingkat kesulitan menantang. menulusuri dalam Gua mungkin salah satu jawabannya. dengan menjelajahi dalam Gua anda bisa menikmati banyak keindahan dan keanehan alam bawah tanah. misalnya menikmati stalagtit dan bermacam macam hewan yang tak bermata dan keaneahan lainnya.

Gua Buniayu yang terdapat di daerah Sukabumi Jawa Barat, lokasi ini sangat cocok untuk warga kota Jakarta. karena jaraknya yang tidak terlalu jauh, hanya 3 sampai dengan 4 jam perjalanan dari pusat kota Jakarta menuju ke lokasi ini.

para peserta sebelum masuk Gua trekking terlebih dahulu menuju lokasi


Persiapan peserta sebelum masuk kedalam lubang gua melalui tali


Gua Buni Ayu lebih dikenal sebagai gua cipicung karena lokasi gua ini yang berada diwilayah cipicung, Beberapa penjelajah gua dan masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan sebutan Gua Siluman. semenjak berada di bawah Pengelolaan Perum Perhutani nama gua tersebut berubah menjadi Wana Wisata Gua Buniayu.


pada saat turun ke gua dari atas lubang, wah seru banget dan deg2an banget

Gua ini karena saat ini dikelola dan melalui pengawasan perhutani, sudah ada operator swasta yang secara profesional mengelola wisata gua ini. Hingga saat ini terdapat beberapa gua yang berada di areal Gua Buni Ayu telah berhasil dipetakan, di antaranya Gua Cipicung (panjang 3.300m), dan gua-gua lain di sekitarnya, seperti Gua Bibijilan (panjang 717m), Gua Adni (panjang 635 m), Gua Nyangkut (panjang 390 m), Kubang Lanang (panjang 302 m), Gua Tanpa Nama (panjang 400 m), Gua Karsim, Gua Bisoro, Gua Idin, Gua Gede, dan Gua Kole.


nah sudah masuk semua didalam semua, sekarang siap2 trekking dalam kondisi gelap gulita hehe

dari sekian banyak gua yang terdapat dikawasan tersebut, Gua Buni Ayu dipilih karena keindahan dan kealamian ornamen-ornamen yang tedapat di dalam gua. Kata Buni Ayu diambil dari bahasa Sunda, yaitu ìBuniî dan ìAyuî yang memiliki arti ìKecantikan yang tersembunyiî. disini jiwa petualang Anda ditantang untuk datang serta menyingkap keindahan yang ada di dalamnya. Gua Buni Ayu merupakan gua alam yang masih alami. Di dalamnya Anda akan menemukan stalaktit, stalakmit, flow stone, coloumn, drapery, gourdam, canopy, dan ornamen gua lainnya.


Ada dua jenis perjalanan yang dapat anda nikmati disini, yaitu penelusuran minat umum dan penelusuran minat khusus.

Pada penelusuran goa minat umum, Anda akan masuk ke dalam gua sedalam
sekitar 500 meter.Untuk menempuh perjalanan tersebut, Anda tidak perlu mempersiapkan persiapan khusus. Cukup gunakan sepatu antislip serta pakaian yang nyaman. Jangan lupa pula membawa minuman dan makanan ringan.


keindahan stalagtit Gua Buniayu


Untuk penelusuran gua minat khusus, Anda perlu mempersiapkan stamina khusus guna menikmati perjalanan. Lama perjalanan yang akan ditempuh 4ó5 jam. Untuk perjalanan ini, Anda diharuskan memakai peralatan khusus di antaranya helm, wear pack antiair, sarung tangan, sepatu boot antilicin, dan alat penerangan. tetapi peralatan ini semua disediakan oleh operator Gua di Buniayu.Selain itu, harus dilengkap pula dengan peralatan caving seperti static/dynamic rope, karabiner, steel ladder, serta perlengkapan lainnya. pihak pengelola telah menyediakan peralatan serta pemandu lokal yang siap menemani perjalanan Anda.


keindahan stalagtit Gua Buniayu yang mempesona

bagi yang hobi memotret, boleh membawa kamera tetapi sangat disarankan untuk membawa dry bag untuk keselamatan kamera anda. dan butuh penerangan yang cukup untuk memotret didalam gua.


keindahan stalagtit Gua Buniayu, jadi tunggu apalagi

sensai Wisata Caving ini adalah tidak mengenalnya waktu, selama anda didalam gua benar benar sangat gelap. anda tidak bisa membedakan apakah diluar siang atau tengah malam. jika anda ingin kesini pada saat tengah malampun juga dibolehkan, dan keluar pada saat pagi. selain kamera dan perlengkapan lainnya. yang anda harus siapkan adalah fisik yang sehat. jadi tunggu apa lagi.


Fotografi dan Artikel oleh Barry Kusuma

www.alambudaya.com (My travel journey, lets explore beauty of Indonesia)

http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)

www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)

Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

"Traveling Indonesia is like a box of chocolates, you never know what you're gonna get”

No comments:

Post a Comment