بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Perang Debutan di LA Auto Show ...
Go Green

Clock Link

Sunday, December 1, 2013

Perang Debutan di LA Auto Show ...


PERHELATAN Los Angeles Auto Show di Amerika Serikat yang secara simultan digelar bersamaan dengan Tokyo Motor Show, menjadi ajang pertarungan produsen mobil tiga benua: Asia, Amerika, dan Eropa. Sebanyak 45 produsen otomotif hadir untuk merebut perhatian pecinta otomotif dunia.

Maklum, LA Auto Show dipandang penting bagi industri otomotif di Benua Amerika lantaran ajang ini menjadi semacam uji pasar terhadap mobil yang akan diluncurkan tahun 2014. Segala bentuk komentar positif maupun kritikan pedas akan berpengaruh terhadap tren pasar otomotif Amerika dua tahun ke depan.

Sebagaimana diketahui, di Amerika, pasar mobil terbesar di dunia, pemberitaan media dan komentar analis sangat berpengaruh terhadap penetrasi pasar. Jika mendapat citra buruk dalam LA Auto Show maka pabrikan otomotif harus bersiap kehilangan pembeli potensialnya.

Oleh karena itu, tidak sedikit produsen otomotif memanfaatkan ajang ini untuk meluncurkan kendaraan baru buatannya. Bahkan, tercatat ada sekitar 22 kendaraan yang masuk katagori world premiere atau baru pertama kali di diluncurkan di dunia.

Beberapa kendaraan yang masuk katagori world premiere antara lain: Porsche Macan, Porsche 911 S Cabriolet, Nissan Nismo GT-R, Nissan Nismo Juke RS, Toyota Camry Sport Hybrid, Toyota Highlander hybrid, dan Mercedes GT6 konsep.

Selain memamerkan daftar produk berkategori world premiere, tidak ketinggalan hadir beberapa merek yang baru melakukan debut di pasar Amerika Utara. Antara lain, BMW 4 series coupe i8, i3, Jaguar C - X17, dan Cadillac Escalade.

Persaingan tidak hanya berhenti pada lomba menghadirkan mobil terbaru. Pameran ini juga menjadi tempat pabrikan otomotif beradu teknologi ramah lingkungan. Hal ini dilakukan seiring merebaknya tren pembuatan mobil hybrid maupun full menggunakan tenaga listrik sebagai bahan bakarnya.

Perusahaan otomotif asal Jerman, Volkswagen misalnya, memamerkan VW e-Golf yang kini sudah bertenaga listrik. Mobil mungil itu dapat menempuh jarak maksimal 70 hingga 90 mil dalam sekali pengisian baterai yang dilakukan selama 4 jam. 

Sedangkan dari benua Asia hadir Honda Accord Hybrid 2014. Mobil buatan Honda didukung oleh mesin bensin berkapasitas 2.0 liter dengan 4 silinder segaris yang mampu menghasikan daya 140 hp pada 6.200 rpm. Mobil ini juga dilengkapi baterai ion-lithium 1.3 kwh yang mampu membuatnya lebih hemat bahan bakar: 4.5 liter/100 km.

Sementara General Motors menampilkan 2014 Cadilac ELR sebagai kendaraan hybrid mewah andalannya. Mobil ini dilengkapi mesin berkapasitas 1.4 liter yang dapat menghasilkan daya 84 tenaga kuda. Selain itu, baterai ion-lithium 16.5 kwh yang terletak didalamnya dapat menghasilkan daya maksimal 149 tenaga kuda.

http://plasadana.com/index.php

No comments:

Post a Comment