بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Menyalakan Lampu Dapat Mengacaukan Kualitas Tidur Anda
Go Green

Clock Link

Thursday, November 21, 2013

Menyalakan Lampu Dapat Mengacaukan Kualitas Tidur Anda

https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTB9gg6vq3nlDgPTRSjxCL229KaL-peeHZHYqIrtId5L7Ol7q2e8w

JIKA Anda sering mengalami gangguan sulit tidur atau mungkin berniat meningkatkan kualitas tidur, ada satu hal penting yang perlu Anda perhatikan. 

Hal ini bukanlah kondisi kasur, bantal maupun selimut, melainkan lampu yang menerangi ruangan Anda saat malam hari. 

Apabila selama ini Anda tidur dengan kondisi lampu dalam keadaan menyala, maka ubahlah kebiasaan ini dan matikan lampu Anda ketika ingin tidur. 

Pasalanya, tidur dengan keadaan lampu menyala diketahui dapat mengakibatkan seseorang lebih sering terbangun pada tengah malam dan malah menurunkan kualitas tidur. 

Hal ini ternyata juga berpengaruh terhadap osilasi otak yang terkait erat dengan kedalaman tidur manusia, demikian dilansir Huffington Post, Senin (18/11). 

Ini dibuktikan melalui penelitian yang melibatkan 10 orang yang menggunakan monitor polisomnografi. Sebagian peserta tidur dengan lampu dalam keadaan mati, sedangkan sebagian lainnya dengan lampu yang menyala. 

Para ahli dari Korea Selatan yang menjalankan penelitian menemukan bahwa peserta yang tidur dengan lampu dalam keadaan menyala, mengalami tidur tahap satu yang belum terlalu mendalam, gelombang tidur yang semakin melambat serta frekuensi sering terbangun semakin tinggi. Terjadi perubahan pula terhadap osilasi otak, terutama yang terkait dengan kedalaman dan stabilitas tidur. 

Menurut National Sleep Foundation, lingkungan tidur yang optimal sangat penting terhadap nyenyaknya tidur pada malam hari. Ini dapat diperoleh dengan mematikan lampu atau menggelapkan ruangan sebelum terlelap tidur hingga pagi hari. (tika/ade)

http://www.tabloidbintang.com/ 

No comments:

Post a Comment