بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 4.000 Orang Berjalan Santai Peringati Hari Diabetes Sedunia
Go Green

Clock Link

Sunday, November 17, 2013

4.000 Orang Berjalan Santai Peringati Hari Diabetes Sedunia

4.000 Orang Berjalan Santai Peringati Hari Diabetes Sedunia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekitar 4.000 orang berpartisipasi dalam senam pagi dan jalan santai Global Diabetes Walk di Pantai Festival Ancol, Minggu (17/11/2013) pagi.

Acara tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Diabetes Dunia yang jatuh pada 14 November lalu. 

Kendati cuaca tak bersahabat, agak mendung dan gerimis, para peserta yang didominasi oleh penderita diabetes dan keluarganya dari segala usia tetap antusias. 

Acara diawali dengan senam yang dipimpin oleh instruktur-instruktur senam dari beberapa rumah sakit di Jakarta.

Seluruh peserta yang saat itu mengenakan kaus biru bertuliskan "Keep Calm and Act on Diabetes" begitu bersemangat mengikuti gerakan-gerakan senam.

Usai senam, acara dilanjutkan dengan jalan pantai di seputaran Pantai Festival Ancol. Selain senam pagi dan jalan santai, para peserta juga dapat melakukan pengecekkan gula darah.

Acara ini digelar sebagai pesan kepada masyarakat bahwa diabetes dapat dicegah dengan menjalankan gaya hidup sehat seperti olahraga.

Bagi penderita diabetes, olahraga bermanfaat untuk menjaga kestabilan kadar glukosa darah sehingga diabetes tak semakin parah.

Berdasarkan data International Diabetes Federation, jumlah penderita diabetes di seluruh dunia meningkat menjadi 382 juta orang.

Diperkirakan angka tersebut akan bertambah menjadi 592 juta orang pada tahun 2035 jika tidak ditangani serius.

Di Indonesia saat ini ada 8,6 juta orang penderita yang artinya ada satu dari 18 orang dewasa (5,55 persen) yang akan meninggal akibat diabetes.

No comments:

Post a Comment