بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Jimmy Carter: Kelas Menengah AS Mulai Jatuh Miskin
Go Green

Clock Link

Wednesday, October 9, 2013

Jimmy Carter: Kelas Menengah AS Mulai Jatuh Miskin


TEMPO.CO, Oakland - Mantan Presiden AS, Jimmy Carter mengatakan kesenjangan pendapatan di Amerika Serikat telah meningkat ke titik di mana warga kelas menengah menyerupai orang miskin Amerika ketika ia duduk di Gedung Putih. Carter menyatakan hal ini di sela-sela kegiatan Habitat for Humanity, lembaga amal tempatnya berkiprah.

Perbedaan antara orang kaya dan orang miskin di Amerika, telah meningkat secara dramatis. "Kelas menengah telah menjadi lebih seperti orang-orang miskin daripada mereka 30 tahun yang lalu, ujar Carter. "Saya tidak berpikir kondisinya kini semakin lebih baik."

Menurutnya, krisis ekonomi memukul AS sedemikian rupa sehingga banyak keluarga hidup tak menentu, tak terkecuali kaum kelas menengah. "Bahkan mereka yang tinggal di kawasan mewah seperti San Francisco Bay Area juga tidak aman secara ekonomi," kata Carter.

Menurutnya, fenomena ini terjadi dengan sangat cepat dalam delapan tahun terakhir. "Bahkan di salah satu wilayah terkaya di dunia ini kini ditemukan banyak fenomena penyitaan properti. Dan mereka yang beruntung memiliki rumah berutang lebih banyak untuk mendapatkan rumah itu," katanya.

Habitat for Humanity adalah sebuah nirlaba yang didirikan di Georgia, daerah asal Carter. Ia bergabung dengan organisasi ini sejak 1984. Organisasi ini bergiat antara lain dalam menyediakan rumah yang layak bagi kaum miskin AS. Tahun ini mereka mendirikan 12 town house dan mereparasi 112 rumah di seantero AS.

No comments:

Post a Comment