بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Bikin Proyek Fiktif, Cara Lurah di Jakarta Cari Sampingan
Go Green

Clock Link

Monday, October 14, 2013

Bikin Proyek Fiktif, Cara Lurah di Jakarta Cari Sampingan


MERDEKA.COM. Tidak hanya kasus korupsi kelas kakap yang terjadi di negeri ini. Dari yang besar sampai kelas kecil pun ada, lengkap.

Seperti kasus dugaan korupsi di Kelurahan Ceger, Cipayung, Jakarta Timur. Kejaksaan Negeri Jaktim telah menahan Lurah Ceger, Fanda Fadly Lubis dan Bendahara Kelurahan Ceger Zaitul Akmam. Keduanya ditahan karena melakukan proyek fiktif dalam pengadaan barang dan jasa yang tidak jelas dalam laporan pertanggungjawaban (LPJ) dalam anggaran belanja barang dan jasa dari APBD 2012 Provinsi DKI Jakarta sebesar Rp 450 juta.

Menurut Ketua Forum Warga Jakarta Azas Tigor Nainggolan, praktik korupsi dengan cara di atas bukanlah hal aneh. Ia menilai, praktik semacam itu sudah hal biasa terjadi di kelurahan.

"Memang begitu biasanya. Mereka memanfaatkan proyek-proyek dari APBD tetapi fiktif. Jadi nanti ditulis program tersebut berjalan padahal kenyataannya tidak dikerjakan sama sekali," ujar Tigor saat dihubungi merdeka.com, Senin (14/10).

Tigor juga menyebut bahwa aksi curang tersebut tidak akan mungkin dilakukan oleh lurah seorang diri. "Ini (proyek fiktif) tidak bekerja sendiri. Staf nya bisa saja terlibat, itu hal yang biasa," paparnya.

Selain itu, munculnya kasus ini menjadi salah satu contoh lemahnya pengawasan terhadap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di internal birokrasi Pemprov DKI Jakarta. "Camat dan wali kota harus diperiksa juga itu, karena enggak mungkin lurah berani berbuat seperti itu (buat proyek fiktif). Pasti ada persetujuan wali kota," ujarnya.

No comments:

Post a Comment