بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: PROFIL ONE FC: Vuyisile Colossa, Gairah Petarung Afrika
Go Green

Clock Link

Wednesday, September 11, 2013

PROFIL ONE FC: Vuyisile Colossa, Gairah Petarung Afrika


Menjadi salah satu petarung ONE Fighting Championship (ONE FC) merupakan prestasi bagi Vuyisile Colossa. Lihatlah bagaimana ia melakoni duelnya melawan Ma Xing Yu pada 3 September 2011 silam. Usai pertandingan, pria kelahiran 28 Juni 1982 ini mengaku bertekad menyabet sabuk Kelas Ringan ONE FC. 

Colossa memulai karir bela diri pada tahun 1998. Ketika berusia 15 tahun, ia mulai berpartisipasi dalam kickboxing, sebuah olahraga baru yang ia geluti. Hebatnya, ia berhasil menempati peringkat ketiga di kejuaraan Free State dan masuk dalam Tim Utama Afrika Selatan. Ia pun berhasil menyabet medali perunggu di South African Fighting Championship. 

Sederet prestasi pun telah ia torehkan dalam olahraga ekstrem ini. Tahun 2002, ia menjuarai turnamen Ring Contact Fighting Art International. Di tahun yang sama, ia menjuarai turnamen Kejuaraan Kickboxing untuk kelas Welterweight Afrika Selatan. Pada tahun 2003 ia dinobatkan sebagai juara Kelas Menengah South African Professional Kick Boxing Council. 

Tahun 2010 ia menjuarai WLF World Champion dan menjadi finalis King’s Cup. Tahun 2011, ia berhasil menjadi yang pertama di WMC Grand Extreme World Champion. Pada 3 September di tahun yang sama, ia berhasil menyudahi pelawanan petarung asal Cina, Ma Xing Yu di ajang ONE FC pada babak pertama. 

Tahun 2012, ia menjadi yang terbaik di WMC Muay Thai Against Drugs Champion. Puncaknya, pada tahun 2013, ia menjuarai South African Thai-boxing Middleweight Champion. 

Setelah berpengalaman di berbagai ajang kejuaraan, petarung berjuluk ‘The Cheetah’ ini bergabung dengan ONE FC pada 14 Juni 2011. Selama berlaga di ajang ini, Colossa telah menorehkan rekor MMA 5-4-0. 

Lantaran prestasi gemilang ini, pengakuan pun datang dari para pendahulunya. Petarung veteran MMA, Jorge Masvidal, mengakui Colossa sebagai salah satu striker terbersih di seluruh Muay Thai. Philip Baroni, petarung veteran UFC dan Pride, mengingat ‘The Cheetah’ sebagai petarung licin dan eksplosif. Dia akan menjadi masalah serius bagi siapa pun yang berhadapan dengannya. 



No comments:

Post a Comment