بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Cara Ampuh Mengatasi Kuku Cantengan
Go Green

Clock Link

Thursday, July 4, 2013

Cara Ampuh Mengatasi Kuku Cantengan


Kuku cantengan atau kuku bernanah, disebut juga Paronychia adalah infeksi kulit, biasanya terjadi di dasar kuku jari tangan atau jari kaki. Bisa terjadi biasanya disebabkan oleh gigitan serangga, kebiasaan menggigit kuku, sehingga terjadi infeksi oleh jamur, bakteri, dsb. Tips mengatasi kuku cantengan ini sangat efektif untuk meringankan rasa sakit, bengkak, kemerahan, dan nanah di sekitar kuku.


Berikut Cara Ampuh Mengatasi Kuku Cantengan :

Perendaman dengan Air hangat

Cara ini merupakan langkah awal mengatasi cantengan ketika cantengan tersebut baru mulai dengan tanda-tanda terasa sakit daerah sekitar kuku, teraba hangat, kemerahan dan bengkak, teraba keras.

Lakukan perendaman kuku yang terkena cantengan dengan air hangat bercampur garam dua atau tiga kali sehari selama 15 menit. Perendaman mengurangi pembengkakan dan rasa sakit sehingga membantu penyembuhan. Kompres hangat pada kuku jari tangan atau jari kaki juga dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak.


Krim Antibiotik

Krim antibiotik topikal, contohnya krim Gentamisin dan Klindamisin, yang dioleskan pada daerah yang terinfeksi dapat menyembuhkan cantengan ringan. Terkadang Cantengan yang lebih berat memerlukan antibiotik oral jika perendaman dengan air hangat dan antibiotik topikal saja tidak cukup untuk mengobati infeksi.


Insisi dan drainase

Cara ini dilakukan untuk kuku cantengan yang sudah bernanah, dimana cairan nanah tertahan di bawah kulit atau di bawah kuku yang terasa sakit berdenyut, ngenyut atau nyut-nyutan, bengkak dan teraba lunak (fluktuasi + ).
incisi atau sayatan pada cantenganincisi pada cantengan

Untuk menghindari rasa sakit, Bila diperlukan dilakukan pembiusan lokal dengan teknik blok anastesi terlebih dahulu. Kemudian, buatlah sayatan kecil “insisi” pada permukaan kulit yang bernanah, tentunya menggunakan alat-alat yang steril kemudian cairan nanah dikeluarkan dan dibiarkan mengalir “drainase” (jangan langsung ditutup luka sayatannya sampai beberapa hari).

Sebaiknya cara ini dilakukan oleh profesional, dokter misalnya. Karena apabila tidak ditangani dengan benar malah membuat infeksi makin menyebar.

http://mediskus.com/tips/cara-ampuh-mengatasi-kuku-cantengan.html#ixzz2XUfoMPMq

No comments:

Post a Comment