بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Kue Putu Indonesia dan Kue Puttu India
Go Green

Clock Link

Sunday, March 17, 2013

Kue Putu Indonesia dan Kue Puttu India

Wujud dari Putu (sumber: Google). Setelah ketik 'Puttu' dan 'Putu', maka kelihatan mana yg dari India dan Indonesia.




Nah, ini dia deskripsi mengenai kue Putu dan Puttu menurut Wikipedia

Puttu India: 
Puttuadalah makanan untuk sarapan khas Kerala yg sangat bergizi dan seimbang. Puttu atau kue beras kukus merupakan salah satu program terbaik sarapan utama di Kerala. Terdiri dari tepung beras kasar, air, kelapa parut, garam, dan rempah-rempah dasar seperti jinten yang opsional. Makanan yang menyertainya atau kombinasi dari Puttu bisa pedas bisa manis. Yang pedas-peds bisa pakai buncis kari", yang merupakan kari pedas dibuat dengan gram, adalah salah satu kombinasi yang paling umum dan populer. Dapat Anda temukan di mana-mana di Kerala. Dan pisang adalah makanan pengiring yang umum. "Puttu" juga bisa dimakan bersama hampir semua kari dll. Cara makannya adalah makan memakai tangan langsung (tanpa sendok), lalu Puttu ditekan/dibelah untuk dicampurkan dengan makanan pengiringnya. Bentuk Puttu bisa bermacam-macam, tapi yang paling umum berbentuk silinder. Bentuk silinder didapatkan dari proses pemasakan dalam kayu atau bambu.Pada masa lalu kayu atau rebung yang digunakan. Bentuk lain yang populer ditemukan di beberapa wilayah India adalah 'belahan bumi', di mana tepung beras dimasak dalam separuh/setengah tempurung kelapa, yang disebut "Cheratta Puttu".


Putu Indonesia: 
Putucake (dari bahasa Jawa, Puthu) adalah sejenis makanan Indonesia seperti kue yang mengandung gula aren dan kelapa parut dibungkus oleh tepung beras yang dikukus. Kue ini biasanya ditempatkan dengan dikukus dalam tabung bambu dan dijual pada malam. Suara khas uap keluar dari alat pengukus ini adalah alat promosi bagi pedagang yang menjajakan. Sebagian besar warna ini Putu kue berwarna putih dan hijau. Beberapa pedagang sekarang ganti bambu dengan pipa PVC dengan alasan kepraktisan, meskipun dari segi penggunaan PVC membahayakan kesehatan. Putu cake sendiri mencapai ke negara-negara lain seperti Singapura, bahkan jika nama dan bentuk untuk kue ini sedikit berbeda, tapi itu sendiri dengan kue Putu tradisional Indonesia itu sendiri.

Kue putu di Indonesia bentuknya juga bisa macam-macam. Yang populer ya yang silinder. Kalau yang dibawah ini Kue Putu Ayu.



Jadi bedanya di cara penyajian. Cara penyajian di India lebih beragam, bisa dibuat pedas atau manis. Mungkin kayak makan lontong, bisa pake opor ayam atau sayur apalah. Dari segi warna, baik Puttu dan Putu bisa berwarna apapun. Cuma yang populer di Indonesia dikasih warna daun suji biar hijau.

Ada orang Filipina yang membaca dan kasih komentar ini:


Hahahaha, ternyata kata orang Filipina itu di negaranya ada kue beras juga namanya Puto. Nah, dia suka makannya pakai telur dan keju yang ditaruh di atasnya.

Menarik ya ternyata. Dunia ini saling terhubung dan punya sebab akibat. Entah gimana itu, kue beras bisa namanya hampir sama: Putu-Puttu-Puto.

No comments:

Post a Comment