بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Bayi Sembuh dari HIV: Apa Artinya?
Go Green

Clock Link

Thursday, March 7, 2013

Bayi Sembuh dari HIV: Apa Artinya?


Berita mengenai seorang bayi di Mississippi yang diduga telah sembuh dari infeksi HIV tentu memiliki dampak terhadap bayi lainnya yang terinfeksi HIV, dan bahkan mungkin pada orang dewasa. Tetapi pertama-tama, para peneliti perlu mengetahui secara pasti apakah bayi di Mississippi itu benar-benar telah sembuh dari HIV.

Seorang bayi terlahir dari rahim ibu yang terinfeksi HIV. Ia diobati dengan obat berdosis lebih tinggi dari biasanya, 30 jam setelah lahir. Pada umur sebulan, dia dinyatakan positif HIV tetapi jumlah virus dalam darahnya terus menurun. Setelah 18 bulan pengobatan, bayi itu (dan ibunya) berhenti berobat.

Ketika bayi itu kembali sekitar 10 bulan kemudian dan menjalani tes HIV, hasil tesnya negatif. Tetapi hasil tes yang sangat sensitif menunjukkan, terdapat sejumlah kecil bahan genetik HIV pada anak tersebut, tetapi dalam bentuk tidak aktif. Peneliti menyebutnya sebagai "obat fungsional" — virus berada dalam tingkat yang rendah, tetapi tidak bermasalah.

Namun, karena virus itu belum sepenuhnya hilang, peneliti mengatakan dokter harus terus memantau anak itu, untuk memastikan sisa virus tersebut tidak berubah menjadi infeksi HIV yang aktif di masa depan.

"Akankah sisa virus HIV yang masih ada di dalam sel anak itu aktif kembali?" tanya Dr David Rosenthal, direktur klinis Enter for Young Adult, Adolescent and Pediatric HIV di North Shore-Long Island Jewish Health System di New Hyde Park, New York "Kita harus menunggu dan melihat."

Karena bayi di Mississippi tersebut merupakan kasus tunggal, para peneliti tidak tahu apakah hasilnya dapat diterapkan pada orang lain. Para peneliti berpikir, pemberian dosis yang lebih tinggi dari biasanya untuk obat HIV segera setelah lahir mungkin telah berperan dalam hasil pada bayi tersebut. Penelitian selanjutnya akan dibutuhkan untuk menguji protokol ini pada bayi lain yang berisiko tinggi terhadap infeksi HIV, ujar para ahli.

Beberapa orang yang dirawat dengan obat-obatan HIV pada awal hidup mereka dilaporkan memiliki tingkat HIV yang sangat rendah, sehingga virus tidak dapat dideteksi dengan menggunakan tes HIV standar.

http://id.berita.yahoo.com/bayi-sembuh-dari-hiv-apa-artinya-121737928.html

No comments:

Post a Comment