بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Tanda-tanda kulit mengalami penuaan dini dan solusi penundaannya
Go Green

Clock Link

Monday, November 26, 2012

Tanda-tanda kulit mengalami penuaan dini dan solusi penundaannya

sumber: http://www.gaulpanas.com/2010/12/3-makanan-pencegah-penuaan-dini.html#axzz1YKCL3PNc

http://id.promotion.yahoo.com/stylefactor/artikel/post/stylefeatures/159/empat-tanda-kulit-anda-mengalami-penuaan-dini.html

http://terbaruterkini.com/cara-menghambat-mencegah-dan-menghindari-penuaan-dini/tips-kecantikan.php
http://www.google.co.id/imghp?hl=id&tab=wi


Bukan sesuatu hal yang mustahil bagi seseorang berusia 20- atau 30-an untuk mengalami penuaan dini pada kulitnya. 


Dampak dari penuaan dini pada kulit dan tanda-tandanya 

Radikal bebas seperti terpaan sinar matahari langsung, stres dan polusi lingkungan menjadi faktor penting penuaan dini pada kulit. Faktor lainnya seperti merokok, minuman beralkohol ataupun diet yang tidak sehat juga turut mempengaruhi rusaknya kulit Anda. Sebagai akibatnya, kulit kehilangan keindahan dan mulai menunjukkan ciri-ciri fisik penuaan dini. Berikut ini tanda-tanda penuaan dini pada kulit yang patut Anda waspadai.


1. Keriput

Tanda yang paling mudah untuk dilihat tentu saja adalah kulit yang mulai keriput. Akademi Dermatologi Amerika menjelaskan, keriput ini muncul akibat terpaan sinar matahari, dan semakin bertambah parah jika Anda merokok. Terpaan radikal bebas akan merusak DNA pada kulit hingga ke membran sel. Kolagen dan elastin, protein yang berguna bagi kesehatan dan keindahan kulit, makin lama makin rusak yang mengakibatkan kulit akan mulai kendur dan kehilangan elastisitasnya. Faktor keturunan, seperti genetik dan ras, sebenarnya juga memengaruhi cepat lambatnya seseorang berkeriput.


2. Noda kehitaman

Noda kehitaman, atau biasa disebut age spot, akan muncul dengan warna yang lebih gelap dari kulit sekitarnya. Menurut Institut Kesehatan Nasional, age spot umumnya dijumpai pada manusia yang sudah berumur di atas 40 tahun yang menghabiskan banyak waktunya di bawah sinar matahari. Biasanya muncul di daerah lengan, tangan, wajah, dahi dan bahu (pokoknya bagian-bagian yang mudah terkena sinar matahari langsung).


3. Tekstur kulit kasar

Masalah lainnya yang menandai kulit mengalami penuaan dini adalah tekstur kulit yang menjadi kasar. Kolagen dan elastin akan rusak jika terus-menerus mendapat terpaan sinar matahari. Kolagen bermanfaat menjaga kekuatan dan elastisitas kulit, sedangkan elastin akan menjadikan kulit tetap kencang dan fleksibel. Terlalu banyak berada di bawah sinar matahari akan membuat kulit tampak kering dan kasar.


4. Pori-pori melebar

Pori-pori yang membesar juga dikaitkan sebagai tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Semakin seseorang bertambah tua, pori-porinya akan semakin besar akibat penumpukan kulit mati. Pori-pori yang membesar ini dapat diatasi dengan rajin melakukan perawatan kulit yang mencakup pengangkatan sel-sel kulit mati 


Cara kita menunda penuan dini 

Bagaimana tips serta cara menghindari, menghambat atau mencegah penuaan dini? Mungkin pertanyaan itu segera muncul di otak Anda setelah membaca tanda-tanda penuaan dini yang menakutkan bagi sebagian wanita (bahkan sedikit pria juga mengalaminya). Penuaan dini sering kali ditandai dengan perubahan yang signifikan pada kulit dan wajah.
Mengetahui gejala dan penyebab penuaan dini rasanya akan membantu Anda dalam mengatasinya. Jika Anda berupaya untuk mempertahankan awet muda, artinya Anda mencoba menghindari atau tepatnya menghambat serta memperlambat proses penuaan dini. Melalui antioksidan, proses penuaan dapat diperlambat jika antioksidan lebih kuat dari radikal bebas. agar tetap mempertahankan kemudaan ane memeberikan beberapa poin penting di bawah ini 

Cara 1: 

Mengurangi kontak langsung dengan sinar matahari. Payung atau topi dapat dimanfaatkan untuk mengurangi kontak langsung antara tubuh dengan sinar matahari. 


Cara 2: 

Menghindari rokok, atau berhentilah merokok karena itu sangat buruk bagi kesehatan kulit. 


Cara 3: 

Menghindari polutan seperti udara kotor, asap kendaraan, debu yang diterbangkan angin, dll 


Cara 4: 

Jika kulit terlampau kering, sering-seringlah minum. Penggunaan pelembab seperti moisturizing untuk kulit sangat disarankan. Tetap semangat dan berpikiran positif 

Cara 5: 

Hindari mengerutkan dahi, cemberut, marah, atau mengumbar emosi 


Cara 6: 
Upayakan posisi tidur ideal seperti telentang dan jika mungkin hindari bantal. 


Cara 7: 
Biasakan dengan pola hidup sehat, olahraga teratur, tidur yang cukup.


Cara 8: 
Asupan gizi, perbanyak sayur dan buah sebab kedua jenis makanan ini kaya akan antioksidan. Mengonsumsi vitamin dan suplemen antioksidan.

Cara 9: 
Makan Pepaya. nah kalo ini buat lebih jelasnya coba liat disini (makan pepaya menunda penuaan dini pada kulit)


 Makanan Pencegah Penuaan dini: 

Perempuan mana sih yang ingin cepat tua? Pastinya semua perempuan ingin selalu tampak muda dan cantik. Lalu kenapa ya ada sebagian perempuan yang tampangnya lebih 'boros' dari usia? Ini tak lain karena gaya hidup yang tak sehat dan tak bisa lepas dari peranan antioksidan di sekitar kita. Lantas bagaimana caranya memerangi penuaan dini?


Antioksidan hadir saat sejumlah zat gizi bekerja lebih efektif dalam tubuh. Apabila anda mengonsumsi antioksidan, maka akan memerangi oksidan dengan melekatkan diri pada radikal bebas sehingga mengurangi peradangan yang berkaitan dengan berbagai aspek dari proses penuaan. Berbagai jumlah makanan bergizi dikonsumsi oleh setiap orang, tetapi hanya ada beberapa yang mampu memperlambat penuaan, yaitu ikan Salmon, blueberry dan teh hijau. Yuk kita bahas satu persatu..


* Ikan Salmon

Kandungan antioksidan dalam ikan salmon akan membuat vitamin C dan E bekerja lebih lama sehingga mampu meningkatkan kesehatan mata dan kulit. Sumber protein memang terdapat dalam ikan salmon yang dibutuhkan untuk membuat seluruh sel, kulit, rambut, mata, otot dan organ-organ lainnya. Kandungan lemak sehat, yaitu Omega 3 mampu meningkatkan HDL untuk menurunkan efek negatif dari kolesterol LDL.




* Blueberry

Blueberry mengandung antosianin sehingga membantu vitamin C dan E bekerja lebih baik dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan di Denmark menunjukkan bahwa beri digunakan dalam pengurangan inflamasi dan pencegahan atau pengobatan alzheimer, parkinson, pikun dan gangguan mood atau suasana hati. Selain sebagai 'sunscreen', antosianin juga berfungsi sebagai antioksidan bertenaga penuh untuk membantu melindungi organisme dari radikal bebas yang dihasilkan oleh sinar UV.


* Teh Hijau

Teh hijau memang minuman yang menyehatkan. Para peneliti di Jepang, telah membuktikan bahwa teh hijau merupakan sumber antioksidan penjaga bagi neuron otak dan mencegah penurunan kognitif. Jadi teh hijau tidak hanya dikonsumsi bagi anda yang ingin berdiet lho. Karena teh hijau juga mampu mengeluarkan toksin dalam tubuh. Percaya atau tidak, silakan anda buktikan sendiri khasiatnya.

No comments:

Post a Comment