بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Daftar 4 CMS gratis paling sering digunakan di dunia maya
Go Green

Clock Link

Monday, November 26, 2012

Daftar 4 CMS gratis paling sering digunakan di dunia maya



CMS (Content Management System) adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan publikasi content secara bersama (collaborative content management). Content mengacu pada informasi dalam bentuk teks, grafik, gambar maupun dalam format-format lain yang perlu dikelola dengan tujuan memudahkan proses pembuatan, pembaharuan, distribusi, pencarian, analisis, dan meningkatkan fleksibilitas untuk ditransformasikan ke dalam bentuk lain. Terminologi CMS sendiri cukup luas, di antaranya mencakup software aplikasi, database, arsip, workflow, dan alat bantu lainnya yang dapat dikelola sebagai bagian dari mekanisme jaringan informasi suatu perusahaan maupun global. 


1.Drupal




Drupal adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen konten yang bebas dan terbuka yang di distribusikan dibawah lisensi GPL, Pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. Drupal dapat diunduh secara bebas dan dapat digunakan secara bebas juga, sehingga memungkinkan setiap orang baik secara individu maupun komunitas untuk mempublikasi, mengatur dan mengorganisir berbagai jenis dari isi/konten pada website. 


2. Joomla



Joomla! adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk membuat atau membangun sebuah website dinamis yang dilengkapi berbagai fasilitas yang mendukungnya. Joomla! termasuk dalam kategori aplikasi CMS (Content Management System) open source, artinya dapat Anda pergunakan dengan sebebas-bebasnya atau bebas untuk mengoperasikannya. Sejarah Joomla! sendiri awalnya dikembangkan dari aplikasi CMS lainnya yaitu Mambo. 


3. Wordpress




WordPress adalah aplikasi web yang dapat digunakan untuk membuat blog atau website. Saat ini WordPress sangat populer dan banyak digunakan oleh blog-blog di seluruh dunia karena instalasi dan cara pemakaian nya sangat mudah, sehingga sangat cocok untuk pemula. 


4. Blogger


Blogger.com atau blogspot.com adalah salah satu layanan penyedia blog terbesar yang dimiliki oleh Google. Awalnya didirikan pada tanggal 23 Agustus 1999 oleh Pyra Labs. Kemudian pada Februari 2003, Blogger jadi milik Google, dan semua fasilitas premium (yang saat itu tidak gratis) digratiskan oleh google. Setahun kemudian, co-founder Pyra Labs, Evan Williams, meninggalkan google. 

No comments:

Post a Comment