بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Kenali Jenis Sakit Kepala yang Berbahaya
Go Green

Clock Link

Friday, November 30, 2012

Kenali Jenis Sakit Kepala yang Berbahaya

yahoo.com

Tanya: Setiap hari kepala saya pusing, tapi hanya beberapa menit terus hilang lagi. Tapi itu terjadi setiap hari. Kadang-kadang hanya kepala sebelah kiri, kadang-kadang kepala sebelah kanan, kadang-kadang kanan kiri sakit. Itu penyakit kepala biasa atau gejala penyakit apa ya? Terima kasih. Mohon jawabannya. 

Ary 


Jawab: Hai, Ari. 

Sakit kepala adalah rasa nyeri yang timbul pada setiap bagian di kepala, termasuk kulit kepala, wajah, dan di dalam kepala. Sakit kepala merupakan gejala yang paling umum yang membuat pasien berobat ke dokter. 

Penyebab sakit kepala dapat dibagi menjadi 2 bagian besar, yaitu primer dan sekunder (penyebab dari gangguan lain). 

Sakit kepala primer, termasuk migraine, cluster, atau sakit kepala tipe tension. Yang paling umum adalah migraine atau tipe tension. 

Ada beberapa aspek yang harus dinilai dalam keluhan Anda, yaitu: 

Riwayat sakit kepala: di mana sakitnya, berapa lama, bagaimana tingkat nyeri, bagaimana mulai (apakah tiba-tiba atau perlahan-lahan semakin nyeri), serta bagaimana karakteristiknya (apakah seperti menusuk, seperti ditekan, berdenyut-denyut). Apakah ada yang meringankan atau memperberat nyeri kepala tersebut (misalnya, suara bising, aroma tertentu, mengunyah makanan, posisi kepala, tidur, dan lain-lain). 

Juga, harus dinilai secara keseluruhan pada pemeriksaan fisik Anda, yaitu: - adakah muntah - demam - mata merah atau gangguan penglihatan - kejang - penurunan kesadaran 

Begitu pula dengan riwayat kesehatan Anda sebelumnya dan riwayat keluarga. 

Pemeriksaan fisik mencakup pemeriksaan tanda-tanda vital dan keadaan umum Anda. Juga mencakup area kepala. 

Berikut merupakan karakteristik sakit kepala yang paling umum dialami: 

Migraine: biasa pada satu sisi kepala, dirasakan seperti berdenyut, berlangsung beberapa jam, kadang disertai rasa mual, pusing ketika melihat cahaya dan mendengar bunyi bising. Memburuk dengan aktivitas dan biasa membaik ketika beristirahat. 

Sakit kepala tipe tension: sering timbul, ringan, pada kedua sisi kepala dan sering menyebar pada seluruh bagian kepala. 


dr. Alan GoniJika sakit kepala dengan karakteristik yang sama terjadi berulang pada pasien dengan kondisi umum yang baik dan pemeriksaan normal, penyebabnya seringkali tidak diketahui dan biasanya tidak berbahaya. Karenanya, pengobatan cukup dengan obat pereda nyeri. 

Ada beberapa tanda yang harus diperhatikan. Segeralah berobat bila muncul tanda-tanda berikut: - nyeri kepala yang sangat kuat, yang memuncak hanya dalam waktu beberapa detik - perubahan pada sistem saraf, misalnya jadi tidak sadar, atau lemah pada beberapa bagian tubuh - sakit kepala yang setiap hari semakin memburuk dengan cepat - berat badan yang menurun dengan cepat, disertai demam tinggi. 

dr. Alan Goni www.meetdoctor.com


*** 

Punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, keuangan, asmara, kecantikan, atau fashion? Kirim ke tanyaahli@yahoo-inc.com 

No comments:

Post a Comment