بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Jakarta Dilengkapi 200 Taman Interaktif
Go Green

Clock Link

Friday, November 30, 2012

Jakarta Dilengkapi 200 Taman Interaktif

http://www.108jakarta.com/jakarta/Jakarta-Selatan/2012/04/27/597/Jakarta-Dilengkapi-200-Taman-Interaktif





Tebet - Selain menata dan memelihara taman kota, mempercantik jalur hijau, dan membebaskan lahan untuk hutan kota, wilayah DKI Jakarta telah melengkapi diri dengan 200 taman interaktif.

”Taman interaktif adalah taman yang dilengkapi berbagai fasilitas untuk warga seperti tempat bermain anak, jogging track, batu refleksi, serta lapangan untuk kegiatan olahraga,” kata Tatiek Fauzi Bowo, istri Gubernur DKI Jakarta, di sela kegiatan “Jakarta Berbagi Bersih” di Taman Tebet-Honda, Jakarta Selatan, Jumat (27/4/2012).

Beberapa taman interaktif bahkan memiliki fasilitas yang lebih lengkap. Misalnya di Manggar, Duren Sawit, Jakarta Timur. Meski tak terlalu luas, hanya sekitar 1.000 m2, tapi dilengkapi dengan Taman Bacaan Masyarakat (TBM), mushala, pos keamanan, dan tempat bersantai.

Taman Tebet-Honda, kata Tatiek, adalah salah satu taman interaktif yang dibangun pada 2010, atas kerja sama Pemprov DKI Jakarta dengan PT Honda Prospect Motor. Taman ini dilengkapi lapangan rumput untuk futsal yang berfungsi ganda sebagai lahan resapan air.

Awalnya, lahan seluas 2,8 hektare, terletak di antara Kelurahan Tebet Timur dan Tebet Barat, ini merupakan lahan tidur yang tak produktif dan kurang hijau, serta berada di tengah permukiman. Kini, terdapat sekitar 1.180 pohon di seantero taman dengan jenis yang beragam seperti bunga kupu-kupu, flamboyan, ketapang kencana, mahoni, mindi, dan trembesi. (ary) 

No comments:

Post a Comment