بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Deretan Wanita di Sekitar Rhoma
Go Green

Clock Link

Monday, November 19, 2012

Deretan Wanita di Sekitar Rhoma

MERDEKA.COM


Pesona Raden Haji Oma Irama, atau lebih tenar disebut Rhoma Irama, rupanya menyebar tidak hanya di atas belantika musik dangdut. Selain mampu menggaet simpati fans dari pelbagai kalangan masyarakat dengan lirik berisi syiar agama, Rhoma tercatat piawai mempesona lawan jenis.

Bang Haji, demikian Rhoma biasa dipanggil keluarga dan rekan kerjanya, memang beberapa kali menikah. Meski tidak menutupi kenyataan itu, pria kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, 66 tahun silam itu juga tidak pernah secara terbuka bicara mengenai kehidupan pribadinya kepada media.

Setidaknya, saat awal meniti karir di industri musik Tanah Air, Rhoma yang kala itu belum menunaikan ibadah haji menikahi penyanyi bernama Veronica pada 1972. Ketika itu dia masih menjadi gitaris bagi Orkes Chandra Leka. Keduanya bertemu saat beberapa kali pentas grup tersebut. Bang Haji rupanya tertarik dengan perempuan lain agama itu. Veronica pun bersedia dinikahi dan rela masuk Islam.

Pernikahan keduanya menghasilkan tiga buah hati. Namun, mahligai rumah tangga mereka kandas pada Mei 1985. Saat itu Rhoma menyatakan ada perbedaan prinsip yang tidak bisa disatukan lagi di antara mereka.

Namun, santer beredar kabar, perpecahan antara Rhoma dan Veronica terjadi lantaran Bang Haji menikahi Ricca Rachim, setahun sebelum mereka bercerai. Ricca juga seorang selebritas, meski berbeda keyakinan tapi bersedia masuk Islam. Dia aktris yang cukup punya nama pada dunia perfilman Tanah Air periode awal 1980-an.

Keduanya jatuh hati saat Bang Haji dan Ricca beberapa kali main film bersama. Sejak album 'Darah Muda' (1977) dan'Begadang' (1978) sukses, Bang Haji memang kerap mendapatkan tawaran bermain film. Tercatat Rhoma dan Ricca sama-sama membintangi 'Melodi Cinta', 'Badai di Awal Bahagia', dan 'Satria Bergitar'. Pernikahan ini awet sampai sekarang. Rhoma juga paling sering memperkenalkan Ricca sebagai istrinya kepada media massa.

Meski pernikahan dengan Ricca berjalan relatif mulus, petualangan cinta Bang Haji tidak selesai begitu saja. 

Pada 1999, hati Rhoma tertambat pada seorang mahasiswi Universitas Muhammadiyah Surakarta bernama Gita Andini Saputri ketika menghadiri pengajian di Kota Salatiga, Jawa Tengah. Keduanya pun menikah siri, kebetulan wali sang gadis yang saat itu masih berusia 19 adalah ulama yang dekat dengan Bang Haji.

Istri ketiga ini relatif jarang terendus media. Kabarnya, Gita biasa menemani Bang Haji ke Jakarta. Bila tidak sedang bersama Rhoma, Gita sehari-hari tinggal di Desa Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Boyolali.

Dan terakhir, Rhoma menggegerkan publik saat ketahuan sedang berduaan di ruangan apartemen dengan seorang perempuan bernama Angel Lelga pada 2005. Usut punya usut, keduanya sudah menikah siri sejak dua tahun sebelumnya. Namun saat pertama kali digerebek, Bang Haji berkilah sedang memberikan dakwah supaya Angel tidak tersesat di jurang kenistaan. Kabarnya, kepandaian merayu dengan sisipan dakwah membuat pesona Rhoma bertambah di mata kaum hawa.

Apalagi, dua kali dia membuat perempuan non-muslim, berganti kepercayaan. Rhoma berkukuh semua hubungannya selalu dilandasi niatan cinta yang tulus. Dalam arsip wawancara Majalah Popular edisi Maret 1994, dia mengatakan sangat normal bila seorang lelaki jatuh cinta pada perempuan. Semua itu sah-sah saja asal dilakoni melalui lembaga perkawinan.

"Cinta dan belas kasih itu satu anugerah dari Allah. Tentu ada aturan mainnya untuk merealisirnya. Misalnya nikah. Jadi ada satu lembaga yang mengaturnya. Karena pada dasarnya, di dalam cinta itu terdapat hal yang halal dan yang haram. Kalau tidak disalurkan sesuai dengan ketentuannya maka realisasi cinta itu menjadi haram. Jadi sebaiknya cara untuk merealisir cinta itu -mewujudkan hubungan dua insan yang berbeda- lewat lembaga yang namanya perkawinan," ujarnya saat itu.

Namun tidak bisa dipungkiri, lantaran insiden dengan Angel, pamor Bang Haji cukup menurun di mata publik. Terutama ketika dia langsung menceraikan Angel, tak lama setelah mengakui mereka sebelumnya menikah siri.

Kini, enam tahun telah berlalu dari insiden tersebut. Rhoma merasa citranya, terutama soal percintaannya, tidak akan lagi mengganggu publik. Terbukti, Bang Haji siap menaklukkan panggung lain, yaitu panggung politik Indonesia, dengan maju sebagai calon presiden untuk pemilihan umum 2014.

No comments:

Post a Comment