بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Co-Pilot Tidak Sadari Lakukan Kesalahan, Pesawat Menukik 1.900 Meter
Go Green

Clock Link

Sunday, September 2, 2012

Co-Pilot Tidak Sadari Lakukan Kesalahan, Pesawat Menukik 1.900 Meter



Tokyo (AFP/ANTARA) - Seorang co-pilot yang mengawaki sebuah jet penumpang dari Jepang, tiba-tiba menukik ketika ia mengira kontrol kemudi adalah kunci pintu, kemudian menyentuhnya tanpa merasakan sesuatu yang salah selama 17 detik, sebuah laporan pemerintah mengatakan Jumat.

Penerbangan All Nippon Airways (ANA), dengan 117 penumpang dan awak kapal, menukik sejauh 1.900 meter selama 30 detik dari ketinggian sekitar 41.000 kaki.

Penerbangan, menuju Tokyo dari Okinawa, nyaris terbalik saat kejadian pada 6 September tahun lalu, Jepang Transport Safety Board mengatakan.

Risiko terjadi di atas Samudera Pasifik saat co-pilot, yang bekerja untuk ANA, mencoba untuk membuka pintu kokpit untuk menjadi kapten pesawat itu setelah ia pergi ke toilet.

Mengira itu adalah kunci pintu, co-pilot itu menyentuh kontrol kemudi, membuat pesawat berbelok ke kanan, sebelum meluncur kembali ke kiri.

Kronologi termasuk dalam laporan tertulis yang menunjukkan bahwa co-pilot hanya melihat sesuatu yang salah selama 17 detik setelah kemudi dioperasikan kembali.

Gambar dari perekam penerbangan pada Boeing 737-700 menunjukkan bahwa pesawat turun tajam dan berbelok lebih dari 130 derajat ke kiri di satu ketika.

Namun, karena di luar gelap, banyak penumpangnya tidak menyadari ketika pesawat hampir terbalik, kata laporan itu.


Dua awak menderita luka ringan tetapi pesawat kemudian mendarat dengan selamat di Bandara Haneda Tokyo. (yg/ml)

No comments:

Post a Comment