بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Inilah Keistimewaan Idul Fitri
Go Green

Clock Link

Tuesday, August 21, 2012

Inilah Keistimewaan Idul Fitri



idul fitri yang tepatnya jatuh diBulan Syawal merupakan bulan kesepuluh dalam penanggalan hijriah atau kalender Islam. Jika sebulan penuh kita telah berpuasa, maka bulan Syawal adalah bulan kemenangan bagi umat Islam. Bukan hanya istimewa untuk mudik alias waktu yang biasanya digunakan untuk berkumpul bersama sanak saudara, tetapi indahnya bulan Syawal masih ada yang perlu diketahui. Berikut keistimewaan bulan Syawal

Kembali ke Fitrah


Di bulan Syawal umat Islam akan kembali kepada fitrahnya, diampuni semua dosanya setelah sebulan penuh melakukan ibadah di bulan Ramadhan. Bulan Syawal menjadi lambang  kemenangan bagi umat Islam atas peperangan melawan musuh terbesar yang selalu ada di dalam diri, yaitu hawa nafsu.


Bulan Takbir



Menjelang 1 Syawal, seluruh umat Islam di berbagai belahan dunia mengumandangkan takbir. Maka dari itu, tidak salah jika Bulan Syawal menjadi bulan yang penuh dengan takbir, karena seluruh umat Islam diberbagai belahan dunia mengumandangkan takbir demi menyambut datangnya Syawal, atau lebih dikenal dengan Idul Fitri.


Bulan Silaturahmi



Dibandingkan bulan-bulan lainnya, pada bulan Syawal umat Islam meningkatkan silaturahmi. Seperti mudik ke kampung halaman untuk dapat saling bermaaf-maafan dengan keluarga, sanak saudara, atau teman, halal bihalal, telefon, atau dengan kirim sms lebaran.


Bulan Ceria


Kita bisa  fenomena yang ada disekeliling, biasanya semua orang akan identik dengan hal-hal yang baru pada bulan Syawal. Seperti baju baru, sandal baru, sepatu baru, dsb. Mereka bersuka cita pada bulan Syawal, bersalaman, berpelukan, tertawa, menangis bahagia, mengucap syukur kepada yang Agung untuk meminta maaf ataupun saling memaafkan beserta kebersamaan. Begitu banyak doa yang terlantun di udara, serta begitu banyak  yang diberikan antar umat manusia.


Bagaikan berpuasa setahun penuh

“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di Bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh”. (HR Muslim)


Bulan yang baik untuk menikah

Rasulullah SAW menunjukkan sendiri bahwa bulan Syawal adalah bulan yang baik untuk menikah. Siti Aisyah menegasakan, “Rasulullah SAW menikahi saya pada bulan Syawal, berkumpul (membina rumah tangga) dengan saya pada bulan Syawal, maka siapakah dari istri Beliau yang lebih beruntung daripada saya?”.


Bulan peningkatan



Secara harfiah Syawal adalah “Peningkatan” Yaitu peningkatan ibadah setelah bulan Ramadhan . Karena umat Islam justru diharapkan mampu untuk meningkatkan amal kebaikannya pada bulan ini

No comments:

Post a Comment