بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Ini Dia Obyek Wisata Religius Indonesia(Bagian #6)
Go Green

Clock Link

Friday, March 23, 2012

Ini Dia Obyek Wisata Religius Indonesia(Bagian #6)

sumber: kaskus.us

Gunung Lanang 

Jangan pernah membayangkan Gunung Lanang serupa dengan lazimnya sebuah gunung yang memiliki ketinggian 500 meter di atas permukaan laut (dpl) atau lebih, dengan hawa sejuk karena pepohonan yang lebat yang tumbuh mengitari kaki gunung. Gunung yang terletak di Dusun Bayeman, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo ini hanyalah sebuah gundukan tanah berkadar pasir tinggi atau berupa bukit kecil di pesisir laut yang ditumbuhi pohon-pohon khas tanah tandus yang menjulang. Pepohonan di bukit yang memiliki luas sekitar 500 m2 ini tertata rapi mengelilinginya. Kendati jarak antara satu pohon dengan pohon lainnya relatif renggang, di bukit ini tampak berserakan rontokan dedaunan yang memenuhi pelataran Astana Jingga, sebuah pelataran di puncak bukit untuk melaksanakan ritual tertentu

Selain menjadi sarana bagi seseorang untuk bertirakat atau bersemedi, upacara-upacara maupun laku spiritual masyarakat setempat yang masih menganut kejawen juga kerap kali diselenggarakan. Terutama, pada setiap malam 1 Suro. Pada tanggal ini, rutin diadakan Ruwatan Agung Tumapaking Laku Suci. Selain warga setempat, prosesi ruwatan massal ini biasanya juga diikuti oleh berbagai kalangan dari luar Kota Wates, Ibu Kota Kabupaten Kulon Progo.

Gunung Lanang terletak 4 km di sebelah barat pos retribusi kawasan wisata alam Pantai Glagah, Dusun Bayeman, Kelurahan Sindutan, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment