بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Ini Dia Obyek Wisata Religius Indonesia (Bagian #1)
Go Green

Clock Link

Thursday, March 22, 2012

Ini Dia Obyek Wisata Religius Indonesia (Bagian #1)

sumber: kaskus.us

Akhir-akhir ini semakin banyak orang mengalami stres. Tingginya tuntutan hidup dan semakin padatnya aktivitas menjadi salah satu penyebab terjadinya stres, ringan maupun berat. Biasanya stres bermula dari kejenuhan pikiran yang kemudian terakumulasi sehingga menjadi akut. Tiap orang memiliki cara tersendiri untuk mengatasi stres atau kejenuhan pikiran tersebut. Bagi sebagian orang, rekreasi atau tamasya merupakan salah satunya.

Biasanya, setelah berwisata kita akan merasa segar dan siap untuk kembali menekuni aktivitas sehari-hari. Namun, sebenarnya kita bisa memperoleh manfaat lebih dengan melakukan rekreasi. Melalui wisata religi, selain menyegarkan pikiran, kita juga bisa menambah wawasan bahkan mempertebal keyakinan kita kepada Sang Pencipta.
Wisata religi dimaknai sebagai kegiatan wisata ke tempat yang memiliki makna khusus bagi umat beragama, biasanya berupa tempat ibadah, makam ulama atau situs-situs kuno yang memiliki kelebihan. Kelebihan ini misalnya dilihat dari sisi sejarah, adanya mitos dan legenda mengenai tempat tersebut, ataupun keunikan dan keunggulan arsitektur bangunannya.
Potensi wisata religi di negara kita sangatlah besar. Hal ini dikarenakan sejak dulu Indonesia dikenal sebagai negara religius. Banyak bangunan atau tempat bersejarah yang memiliki arti khusus bagi umat beragama. Selain itu, besarnya jumlah penduduk Indonesia, dimana hampir semuanya adalah umat beragama, merupakan sebuah potensi tersendiri bagi berkembangnya wisata religi.


Berikut ini merupakan sebagian contoh tempat wisata religi yang ada di Indonesia


Taman Wisata Iman Dairi


Taman Wisata Iman atau yang lebih akrab disebut dengan TWI teletak di Sitinjo, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

TWI merupakan tempat wisata religius. TWI bukan hanya mewakili salah satu agama saja yang diakui di Indonesia melainkan semua agama. Mewakili yang dimaksud adalah bahwa dalam TWI terdapat berbagai bangunan-bangunan yang duanggap bersejarah bagi pemeluk agama masing-masing. Mulai dari tempat peribadatan hingga miniatur bangunan yang dianggap bersejarah dan mengenangkan peristiwa-peristiwa penting bagi pemeluknya.
















No comments:

Post a Comment