بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Teknik Uitemate, Cara Agar Tubuh Tetap Terapung
Go Green

Clock Link

Friday, July 13, 2018

Teknik Uitemate, Cara Agar Tubuh Tetap Terapung

Teknik Uitemate adalah suatu teknik bertahan hidup dengan cara mengapung yang digagas oleh Profesor Hidetoshi Saito asal Jepang. Konsep teknik ini sebenarnya tidak sulit dimengerti, cukup masuk akal, sederhana dan pastinya sangat efektif. Profesor Hideoshi Saito terinspirasi menciptakan teknik ini saat melihat daun yang mengapung di permukaan air.

Teknik yang satu ini bahkan diajarkan di sekolah-sekolah dasar Jepang saat kelas renang sebagai bekal anak untuk tetap tenang dan bisa menyelamatkan diri sendiri jika terjadi kecelakaan di wilayah perairan. Hasilnya, banyak anak yang selamat saat terjadi Tsunami di Jepang pada 2011 lalu loh, hal itu disebabkan anak-anak ini berhasil mempraktekkan teknik Uitemate.



Bagaimana Caranya Melakukan Uitemate?


· Tetap tenang dan jangan panik
Yang paling mendasar dari teknik Uitemate adalah ketenangan gan. Kenapa? Karena semakin minimal gerakan yang kita lakukan akan semakin mudah untuk mengapungkan tubuh. Ternyata banyak bergerak di air malah akan membuat kita semakin tenggelam loh.

· Rentangkan tangan dan kaki
Hal selanjutnya adalah agan bisa merentangkan tangan dan kaki serta ambil posisi terlentang dengan wajah menghadap ke atas. Berusahalah hingga mengambang sempurna dan atur nafas setenang mungkin untuk mengurangi gerakan.

· Wajah di atas permukaan air
Usahakan wajahmu tetap ada di permukaan air dan pandangan selalu menatap ke atas. Selain mempermudah tubuh mengapung, hal ini juga dapat memperlancar aliran pernafasan kita gan.

· Tetap gunakan sepatu
Mungkin sebagian besar agan akan berpikir melepaskan sepatu untuk memperingan tubuh dan memudahkan tubuh mengapung, tapi nyatanya sepatu bisa membantu loh. Sepatu karet fungsinya serupa seperti pelampung, jadi bisa mempermudah kaki agan mengapung di air.

· Bantuan botol kosong
Jika kebetulan agan menemkan botol kosong, agan bisa menggnakannya sebagai bantuan mengapungkan tubuh. Caranya, agan bisa mendekap botol tersebut di atas dada.


No comments:

Post a Comment