بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Meme WikiHow yang Sedang VIRAL di Media Sosial
Go Green

Clock Link

Tuesday, March 13, 2018

Meme WikiHow yang Sedang VIRAL di Media Sosial


WikiHow adalah sebuah situs berisi aneka tutorial/how to. Mulai dari tutorial kecantikan seperti cara mengenakan make-up, hingga tutorial untuk melakukan PDKT terhadap lawan jenis. Tutorial-tutorial tersebut dilengkapi dengan ilustrasi sederhana khas WikiHow untuk membantu memberikan gambaran dari penjelasan yang tertulis. Nah, ilustrasi-ilustrasi itulah yang kemudian 'disalahgunakan' oleh netizen untuk membuat meme. 

Entah siapa yang memulai fenomena meme WikiHow itu pertama kali. Kemungkinan besar sih orang Indonesia lah ya yang membuat meme-meme dari ilustrasi itu viral dan ramai digunakan di jagad media sosial dalam negeri. Di luar negeri pun ada yang membuat meme-meme WikiHow, tapi ane tidak menemukan sebanyak meme di Indonesia (gak sampai viral gitu). Cuma di Indonesia nih meme jenis baru dari ilustrasi WikiHow menjadi ramai dan viral.

Kreatifitas para netizen dalam membuat meme dari ilustrasi WikiHow sungguh sangat tidak terbatas. Ada yang mengambil tema percintaan dan kegalauan, menyindir kelakuan netizen yang doyan nyinyir dan lebay, hingga menggunakan bahasa daerah untuk membuat meme.

Meme-meme tersebut menjadi viral dengan cepat karena banyak digunakan di media sosial ataupun aplikasi chat, terutama pada grup chat. Seringkali sesama member grup saling membalas chat menggunakan meme kreasi baru itu. Yakin deh, agan-sista pun pasti banyak yang sudah pernah melihat meme-meme WikiHow di medsos atau dari kiriman chat. 
 








No comments:

Post a Comment