بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Spontan, Program Komedi Populer Di Tahun 90-an
Go Green

Clock Link

Monday, February 19, 2018

Spontan, Program Komedi Populer Di Tahun 90-an

Hasil gambar untuk spontan uhuy

Buat kalian yang anak 90an, masih ingat gak dengan acara yang satu ini? Namanya Spontan gan. Acara komedi yang sempet populer dari tahun 1997 sampe 2002an ini, emang melekat sampe sekarang. Dipandu sama Komeng, trus ditemenin sama host lain kayak Mpok Atiek, adalah salah satu program legenda yang sulit buat diikutin stasiun TV lainnya.

1. Slogan Khas


Di antara banyaknya slogan acara TV Indonesia, salah satu yang paling populer adalah slogan Spontan ini gan. “Spontan…Uhuyyyy”, begitu komentar Komeng saat menutup narasinya. Atau saat pengisi acara lain yang ingin mengerjain orang, atau saat orang yang kena kerjain diwawancara. Dengan menunjukkan tangan yang membentuk huruf U, membuat slogan ini unik, tapi gak mudah dilupain juga!

Tapi tahukah kamu, kata “uhuy terinspirasi dari seorang penjual tape yang kerap dijumpai Komeng.


2. Hostnya yang kocak dan melahirkan berbagai pelawak




Bisa dibilang, Spontan adalah acara yang melambungkan nama Komeng di dunia hiburan Indonesia. Tingkahnya yang unik, kadang ngeselin, tapi kocak, membuat dirinya memiliki karakter yang kuat dan berbeda dengan pelawak lainnya. Terbukti, karakternya ini gak berubah sampe sekarang, lho!

Gak cuman Komeng, banyak loh pendukung acara ini yang sekarang terkenal. Sebut aja, Septian Dwi Cahyo, Ulfa Dwi Yanti, Kiwil, sampe Yadi Sembako.


3. Aksi pantomim mirip Charlie Chaplin


Salah satu penggagas Spontan, Septian Dwi Cahyo, berinisiatif untuk membuat segmen Den Bagus. Konsepnya, mirip dengan serial Charlie Chaplin. Cerita kehidupan sehari-hari tanpaada dialog.


4. Narasi binatang, dari ngomongin kehidupan sehari-hari sampe koruptor



Yang ini juga gak kalah kocak, mendekati akhir acara, ada satu segmen yang juga ditunggu oleh pencinta Spontan. Yaitu, narasi binatang. Jadi, adegan menggambarkan tingkah laku hewan yang diisi suara manusia. Gak jarang, dialognya menceritakan kehidupan sehari-hari yang sulit, dan gak jarang juga ngomongin koruptor yang merajalela pada saat itu.

Uniknya lagi, kalo ada adegan hewan yang unik, gambarnya bakal di rewind dan diulang-ulang.


5. Ngerjain Orang


Ini dia cerita yang paling dikenang oleh anak 90an. Ya, Spontan ini sebagian besar menceritakan adegan ngerjain atau prank orang-orang di jalan atau di satu tempat. Yang membedakan Spontan dengan acara lainnya, semua adegannya di-dubbing dengan suara yang lucu dan gak nyambung. Apalagi ketika orang-orangnya sedang bergumam atau efek kaget dari dikerjain. Kadang bikin senyum-senyum sendiri.

Video:


No comments:

Post a Comment