بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Ilmuwan UI Kembangkan Penghilang Bau Mulut dari Buah Kepel
Go Green

Clock Link

Thursday, January 25, 2018

Ilmuwan UI Kembangkan Penghilang Bau Mulut dari Buah Kepel


detik - Jakarta, Berbagai bau tidak sedap yang berasal dari tubuh pasti sesuatu yang tidak kita suka. Salah satunya bau mulut. Ya, bau mulut membuat kita kehilangan kepercayaan diri saat berbicara dengan orang lain.
Tapi jangan khawatir. Doktor dari Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, Dr Asni Amin, MFarm, Apt menemukan bahan alternatif penghilang bau mulut.

Berdasarkan pesan yang dibuat Kepala Humas dan KIP UI, bahan tersebut adalah ekstrak buah kepel atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Stelechocarpus burahol. Asni berhasil menguji tingkat keefektifan ekstrak buah tersebut sebagai penghilang bau mulut.

Buah kepel adalah salah satu jenis buah langka Indonesia yang sampai saat ini belum dibudayakan. Namun, manfaat buah ini telah lama dikenal di kalangan keraton Yogyakarta dan Surakarta sebagai deodoran, pengharum napas, dan pengharum air seni.

Dalam disertasinya yang berjudul 'Studi Aktivitas, Identifikasi, dan Prediksi Mekanisme Senyawa Dari Ekstrak Buah Kepel Sebagai Penghilang Bau Mulut' ini membuktikan bahwa ekstrak buah kepel memiliki manfaat antibakteri terhadap bakteri penyebab bau mulut, yaitu bakteri P. gingivalis dan F. nucleatum dengan cara menghambat pertumbuhannya.

Selain itu, ekstrak buah kepel juga dapat menyerap bau mulut dengan menurunkan nilai metil merkaptan dan dimetil sulfida penyebab bau mulut. Berdasarkan data bioaktivitas, buah kepel juga memiliki aktivitas antioksidan serta dapat memperbaiki kualitas sperma pada objek kelinci.

No comments:

Post a Comment