بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Menabung Sesuai dengan Profesi
Go Green

Clock Link

Thursday, October 26, 2017

Menabung Sesuai dengan Profesi


metrotvnews - MANFAAT dan kelebihan memiliki tabungan sudah banyak dipahami orang. Namun yang belum banyak dimengerti adalah jenis tabungan apa yang cocok untuk tujuan keuangan yang telah direncanakan.

Selain itu, perlu juga adanya strategi memilih tabungan yang tepat, sesuai dengan pendapatan setiap orang. Manajemen keuangan berawal dari strategi menabung yang tepat. Hal yang terpenting tentu saja ada kedisiplinan seseorang untuk menjalankannya, terlebih bila profesi yang digeluti, yaitu jenis profesi dengan pendapatan yang tidak stabil.

Untuk profesi dengan pendapatan tidak stabil, ada salah satu jenis tabungan yang cocok yaitu tabungan rencana. Jenis tabungan yang sesuai untuk mereka yang menggeluti profesi dengan pendapatan tak tetap.

Tujuan utama dari menabung adalah menyiapkan dana untuk rencana keuangan yang kita buat. Seperti ulasan di awal, bagaimana cara menabung untuk mereka yang bergelut dengan profesi yang notabene mendapatkan penghasilan fluktuatif alias tidak tetap?

Tabungan rencana adalah cara yang pas sebagai solusinya. Seperti apa tabungan rencana ini. Berikut, cara menabung sesuai profesi sesuai ulasan motivator dan pakar marketing Tung Desem Waringin.

1. Tabungan Rencana bagi Pegawai Kantoran
Sekarang gaji pegawai kantor tidak lagi diberikan dalam bentuk tunai. Kantor menggunakan sistem payroll bank yang menransfer langsung gaji ke masing-masing rekening para karyawan.

Oleh karena itu, Anda wajib memiliki, setidaknya satu, tabungan konvensional. Jika Anda baru mulai bekerja, disarankan untuk memilih bank dengan nama besar dan banyak digunakan orang awam.

Tabungan Rencana dapat dijadikan dana simpanan untuk kebutuhan menabung yang mendesak dan perlu didisiplinkan untuk membeli rumah, kendaraan serta barang-barang mahal lainnya dalam jangka pendek.


2. Tabungan Rencana Profesional
Seorang pebisnis dengan pendapatan yang naik turun dalam jangka waktu tertentu harus berfikir secara komprehensif mulai dari menabung dan membuat rencana pengembangan modal usaha atau untuk mendukung pengeluaran lainnya.

Tabungan rencana menjadi salah satu alternatif yang sangat pas, karena memiliki fitur sebagai model tabungan reguler sebagai sarana untuk bertransaksi sehari-hari selain untuk pengembangan usaha.


3. Tabungan Rencana untuk Tenaga Lepas
Bagi Anda yang berprofesi sebagai freelancer, penting untuk memiliki rekening tabungan konvensional. Tabungan itu diperlukan untuk memudahkan Anda menerima pembayaran dari klien.

Selain karena penghasilan yang sangat fluktuatif setiap bulannya, memiliki tabungan rencana bagi seorang freelancer ini bisa digunakan sebagai pendamping simpanan dalam bentuk lainnya seperti misalnya asuransi atau deposito.

Asuransi lebih dibutuhkan sebagai jaminan perlindungan jika tiba-tiba Anda sakit. Asuransi kesehatan bisa membantu Anda dalam meringankan biaya perawatan. Ditilik dari bentuknya, tabungan rencana memang hampir sama dengan investasi lainnya seperti misalnya deposito atau reksa dana. Yang membedakan adalah mekanismenya. Tabungan rencana lebih bersifat swa atau mandiri menyesuaikan dengan kebutuhan dari pihak nasabah yang akan menabung.

Oleh karena itu, para ahli finansial sangat menyarankan untuk mendampingkan tabungan rencana ini dengan rencana keuangan lainnya seperti misalnya investasi dalam bentuk reksa dana atau deposito. Hal ini akan memperbesar tingkat kesuksesan. Sementara tabungan tetap bertambah karena adanya setoran, mekanisme investasi dapat menjadi sisi lain pendapatan yang menguntungkan. (AHL)

No comments:

Post a Comment