بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Cara Agar Ketupat Tidak Cepat Basi
Go Green

Clock Link

Tuesday, June 27, 2017

Cara Agar Ketupat Tidak Cepat Basi


Ketupat merupakan makanan khas di hari raya idul fitri. Rasanya kurang lengkap merayakan idul fitri atau lebaran tanpa adanya ketupat. Bentuknya yang unik dan rasanya yang khas menambah selera makan ketupat dengan teman-temannya, seperti sayur opor, lodeh, sambal goreng ati dan sayur untuk ketupat lainnya. 

Namun sayangnya, makanan dari beras yang terbungkus daun kelapa ini cepat sekali basi kalau kamu salah dalam mengolah dan menyimpannya. Tentu kamu nggak mau kan ketupatmu basi begitu saja tanpa kamu santap semua sebelumnya? Nah, agar hal itu tidak terjadi, cobalah 4 langkah berikut ini.


4 Cara membuat ketupat agar tidak cepat basi :

1. Pastikan ayaman janur rapat
Ketupat cepat basi karena adanya bakteri yang mengontaminasi beras dalam janur. Oleh sebab itu, pastikan kulit ketupat yang akan kamu pakai sudah rapat anyamannya, jangan sampai ada celah. 

2. Pilih beras terbaik
Kamu bebas memilih beras yang mau dijadikan ketupat, mau yang pulen atau yang pera, pastikan kualitas beras tersebut baik.

3. Disiram
Proses mengukus dalam pembuatan ketupat membuat ketupat lengket dan akhirnya mudah basi. Jadi pastikan setelah diangkat dari dandang kamu siram dengan air dingin untuk menghilangkan lengket itu.

4. Digantung
Kata-kata "digantung" emang seringkali nggak enak, seperti digantung gebetan misalnya :D Namun percayalah, dalam hal ketupat, penggantungan sangatlah perlu. Jadi agar tidak cepat basi, gantunglah ketupat. Pastikan kamu menggantungnya di tempat yang kering.

Demikianlah beberapa langkah yang bisa kamu kerjakan agar ketupat tidak basi. Selamat mencoba dan jangan lupa berdoa sebelum makan ketupat :)

sumber: S

No comments:

Post a Comment