بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Indonesia Bangun Sirkuit MotoGP bersama Perancis
Go Green

Clock Link

Friday, February 3, 2017

Indonesia Bangun Sirkuit MotoGP bersama Perancis


Yamaha MotoGP rider Valentino Rossi of Italy during a free practice session of the Malaysian Motorcycle Grand Prix at Sepang International Circuit near Kuala Lumpur, Malaysia, October 24, 2015.REUTERS/Olivia Harris


Saat ini Indonesia tengah gencar membangun Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK di beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya adalah KEK Mandalika Nusa Tenggara Barat. Dikabarkan bahwa KEK Mandalika ini bakal dilengkapi dengan sirkuit untuk balap motor Moto Grand Prix.

Pembangunan sirkuit Moto GP ini saat ini tengah diusahakan oleh ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation). Abdulbar M Mansoer yang menjabat sebagai Presiden Direktur ITDC mengatakan bahwa pembangunan sirkuit akan dibangun seperti sirkuit yang ada di Macau yang bisa digunakan menjadi jalan biasa saat tak dipakai untuk acara.

"Saya ingin seperti Macau, Monaco. Jadi split sirkuit, kalau tidak ada itu jalan biasa, keliling kawasan jalan ke pantai. Tapi di saat untuk tour dikasih barrier. Lebih efisien kalau tidak dipakai untuk trafic kawasan. Tidak seperti Sentul kalau kosong ya kosong," kata Abdulbar seperti yang dikutip dari laman pada Kamis (2/2/2017).

Ia pun menuturkan bahwa sirkuit KEK Mandalika ini akan segera dirampungkan dan ditargetkan selesai pada 2019 mendatang. Ditambahkannya sirkuit balap MotoGP ini adalah untuk melengkapai kawasan Mandalika sebagai tempat pariwisata.

Aksesibilitas, atraksi, dan fasilitas adalah beberapa hal yang harus diperhitungkan dalam mewujudkan kawasan pariwisata. Untuk masalah aksesibilitas, KEK Mandalika sudah memiliki jarak sekitar 20 km dari bandara terdekat.

Sementara untuk atraksi, lokasi Mandalika sangat strategis karena dilengkapi pemandangan alam pantai sepanjang 16 km dan ada juga gunung yang membuat pemandangan makin indah. Dan untuk fasilitas, KEK Mandalika tengah membangun hotel berbintang sebanyak 6 dan menyediakan sekitar 1.200 kamar.

Untuk menambah daya tarik KEK Mandalika maka ditambahlah sebuah atraksi baru yang diperkirakan bakal menarik minat pengunjung. MotoGP dianggap sebagai atraksi yang tepat untuk melengkapi KEK Mandalika karena akan jadi tontonan menarik dimana aksi pembalapnya terlihat lebih nyata.

Dalam pembangunan sirkuit MotoGP di KEK Mandalika, Vinci selaku perusahaan konstruksi raksasa asal Prancis akan ikut berpartisipasi. Abdulbar menyatakan pihaknya akan melakuan penandatanganan MoU dengan Vinci karena Vinci yang akan berperan untuk membangun infrastrukturberupa track sirkuit MotoGP.

ITDC pun bekerja sama dengan Roadgrip Motorsport UK Ltd serta Mrk1. Menurut Abdulbar, Mrk1 berperan sebagai konsultan sementara Roadgrip berperan sebagai pihak yang mengurus lisensi.

sumber

No comments:

Post a Comment