بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Sepekan 3 Gajah di Aceh Mati, BKSDA Turunkan Tim Investigasi
Go Green

Clock Link

Tuesday, September 9, 2014

Sepekan 3 Gajah di Aceh Mati, BKSDA Turunkan Tim Investigasi



MERDEKA.COM. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh saat ini tengah melakukan investigasi penyebab tewasnya dua gajah jantan dan satu betina di Kabupaten Aceh Jaya dan Aceh Timur dalam sepekan terakhir ini.

Kepala BKSDA Aceh Genman S Hasibun, mengatakan tim investigasi telah diturunkan ke Aceh Jaya dan telah mengambil sampel hati dan jantung gajah jantan yang tewas di daerah Kreung Sabem Aceh Jaya yang ditemukan tewas Jumat lalu.

"Saat ini organ yang telah diambil itu sedang dilakukan pemeriksaan atau otopsi oleh dokter hewan dari BKSDA," kata Genman S Hasibun, Senin (8/9) di Banda Aceh.

Kendati demikian, Genman menjelaskan belum bisa mengambil kesimpulan penyebab tewasnya gajah yang memiliki berat badan 2,5 ton tersebut. Karena gajah yang berusia 12 tahun yang tewas itu harus dilakukan pemeriksaan di Laboratorium Forensik di Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Sementara itu terkait dengan temuan gajah yang tewas di Desa Jambo Reuhat, Kecamatan Banda Alam, Aceh Timur yang ditemukan kemarin dengan kondisi mengenaskan kepala terpenggal dan gadingnya hilang, sejauh ini tim baru mengidentifikasi usia kedua gajah tersebut.

"Gajah yang tewas itu yang satu berusia 15 tahun dengan berat badan 3 ton dan tinggi badan 280 cm. Satu ekor lagi betina usia 15 tahun dengan berat badan 3 ton dan tinggi badan 250 cm," ujarnya.

Genman S Hasibun membenarkan gajah yang tewas di Aceh Timur dalam kawasan perkebunan sawit milik PT Dwi Kencana Semesta sudah tidak ada lagi gading. Namun, dia belum bisa memastikan penyebab kematiannya dan harus menunggu hasil investigasi dari tim yang telah diturunkan kedua lokasi tersebut.

No comments:

Post a Comment