بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Asal Usul 4 Pemimpin Tertinggi ISIS
Go Green

Clock Link

Sunday, September 21, 2014

Asal Usul 4 Pemimpin Tertinggi ISIS

liputan6.com - Aksi kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Irak dan Suriah belakangan ini telah membuat Amerika Serikat dan sekutunya turun tangan. Betapa tidak, sejumlah wilayah Irak dan Suriah dengan cepat dapat dikuasai ISIS.

Kelompok yang juga dikenal dengan nama IS itu juga baru-baru ini dilaporkan telah membunuh dua wartawan Amerika dan satu pekerja kemanusiaan asal Inggris. AS dan Inggris geram atas kejadian tersebut.

Sepak terjang ISIS selama ini dikomando oleh sejumlah pemimpin. Tim investigasi Al-Arabiyaberhasil mengungkap 20 pemimpin ISIS beserta asal usulnya. 

Empat di antaranya, yakni Abu Bakr al-Baghdadi, Abu Muslim al-Turki, Abu Abdurrahman al-Bilawi dan Abu Mohammad al-Adnani.

1. Abu Bakr al-Baghdadi

Ibrahim Awwad al-Badri atau yang dikenal Abu Bakr al-Baghdadi merupakan pemimpin teratas ISIS. Menurut sumber Al-Arabiya, dia diketahui merupakan dosen jurusan studi agama di Irak.

Ahli filsafat asal Bahrain, Turki, Abu Humam Bakr bin Abd al-Aziz al-Athari mengatakan, al-Baghdadi berasal dari suku al-Bu Badri, yang sebagian besar berada di Samarra dan Diyala, Baghdad utara dan timur.

"Secara historis penduduk Samarra dan Diyala dikenal sebagai keturunan Nabi Muhammad," ujar al-Athari, seperti dimuat BBC. Namun belum bisa dipastikan apakah data histori itu benar atau tidak.

al-Baghdadi yang kini berusia 43 tahun pernah ditangkap dan ditahan oleh tentara Amerika Serikat pada 2004, kemudian bergabung ke Al-Qaeda setelah dibebaskan.

Menurut laporan jurnal bidang militer dan luar negeri Veterans Today, al-Baghdadi adalah orang Yahudi dan merupakan agen Mossad, dinas rahasia luar negeri Israel. Namun informasi ini juga belum bisa diklarifikasi kebenarannya.

Selanjutnya


2. Abu Muslim al-Turki

Fadel al-Hiyali atau yang menyebut dirinya sebagai Abu Muslim al-Turki merupakan Wakil pemimpin teratas ISIS. Dia menjadi orang kedua di pucuk pimpinan ISIS setelah al-Baghdadi.

Menurut hasil investigasi Al-Arabiya, Abu Muslim al-Turki merupakan mantan petinggi militer Irak.

3. Abu Abdurrahman al-Bilawi

Adnan Ismail Nejm atau Abu Abdurrahman al-Bilawi merupakan Panglima Militer ISIS. Dia juga diketahui merupakan mantan petinggi militer Irak.

4. Abu Mohammad al-Adnani

Taha Sobhy Falaha atau yang dikenal dengan nama Abu Mohammad al-Adnani berperang sebagai Kepala Relasi Media ISIS atau juru bicara ISIS.

al-Adnani diketahui berasal dari Suriah. Dia lahir di Kota Binnish, Idlib, Suriah pada 1977. Amerika Serikat menetapkan pendiri Front pemberontak Al-Nusta sebagai teroris kelas kakap internasional. (Ndy)

No comments:

Post a Comment