بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Milisi Pro-Rusia Akui Tembak MH17
Go Green

Clock Link

Friday, July 25, 2014

Milisi Pro-Rusia Akui Tembak MH17

MH17 Jatuh, Milisi Pro-Rusia Akui Salah Tembak  

TEMPO.CO, Jakarta - Seorang kelompok militan pro-Rusia di Ukraina mengaku milisilah yang menembak jatuh MH17 pada Kamis pekan lalu, 17 Juli 2014. Seorang militan yang tidak mau disebut namanya menuturkan milisi salah sasaran karena mengira Boeing 777 di langit Ukraina itu adalah pesawat kargo milik pemerintah Ukraina.

"Milisi menyadari kesalahan saat mereka mulai mencari lokasi kecelakaan. Alih-alih mencari parasut militer, mereka malah menemukan tubuh anak-anak," ujarnya, seperti dilaporkan Daily Mail, Kamis, 24 Juli 2014.

Pria yang sebelumnya bekerja sebagai penambang lokal itu menceritakan hal yang sama kepada surat kabar Italia, Corriere Della Sera. Dia mengatakan anggota kelompoknya memperkirakan bahwa MH17 adalah pesawat pemerintah Kiev. (Baca: Pemberontak Pro-Rusia Galau Saksikan MH17 Jatuh)

Setelah kecelakaan, pris berusia 31 tahun ini mengaku bingung. Komandannya malah meminta ia dan rekannnya segera masuk ke dalam truk yang berisi senjata serta amunisi, lalu pergi ke lokasi kecelakaan. (Baca: Cari Jenazah, Milisi Pro-Rusia 'Ubah' Puing MH17)

"Orang-orang menduga bahwa benda putih yang jatuh ke darat itu adalah parasut milik militer. Kami diminta bersiap untuk perang. Tapi yang saya lihat malah potongan jenazah di tempat terbuka. Saat itulah saya tahu bahwa itu adalah pesawat sipil," tuturnya.

Pengakuan pria ini berbanding terbalik dengan apa yang dikatakan pemimpin milisi Alexander Borodai. Dalam sebuah pernyataan, Borodai menjelaskan bahwa bukti yang menyebut kelompoknya memiliki peluncur rudal Buk adalah palsu. (Baca: Siapa Igor Strelkov, Milisi yang Tertawa Saat MH17 Jatuh)

No comments:

Post a Comment