بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Piala Dunia 2014, Swiss vs Ekuador 2-1
Go Green

Clock Link

Sunday, June 15, 2014

Piala Dunia 2014, Swiss vs Ekuador 2-1


Dua pemain pengganti Swiss buyarkan kemenangan Ekuador

MERDEKA.COM. Pertandingan Piala Dunia 2014 kembali bergulir. Kini partai pembuka grup E dibuka antara tim nasional Swiss menghadapi timnas Ekuador. Kedua negara tampil sebagai tim non-unggulan di ajang empat tahunan ini.

Babak pertama kedua negara tampil terbuka, pertarungan lini tengah menjadi warna di pertandingan ini sampai 20 menit pertama. Swiss memiliki peluang pertama melalui Xherdan Shaqiri. Tendangan kaki kirinya dari luar kotak penalti masih mudah ditangkap oleh kiper Ekuador, Alexander Dominguez. Hal serupa dilakukan bek kiri Swiss, Ricardo Rodriguez, akan tetapi bola masih dimentahkan oleh Dominguez.

Justru Ekuador yang berhasil membuka keunggulan di menit 22. Di awali tendangan bola mati dari sisi kiri, Walter Ayovi memberikan umpan lambung ke kota penalti. Enner Valencia yang berdiri bebas tanpa pengawalan langsung lesatkan bola dengan kepalanya ke gawang Swiss.

Setelah tertinggal anak asuh Ottmar Hitzfeld mencoba menguasai permainan. Mengandalkan umpan-umpan terobosan dari kedua sisi lapangan serta diiringi tembakan jarak jauh, Swiss nampaknya belum mampu membongkar tangguhnya pertahanan Ekudador di 45 menit pertama.

Di babak kedua Swiss menggebrak lebih awal. Tendangan keras Stephan Lichtsteiner menghasilkan sepak pojok. Tendangan pojok Rodriguez disambut dengan baik oleh pemain pengganti Admir Mehmedi dan tak mampu dihalau kiper Ekuador pada menit 48'.

Ekuador mencoba keluar dari tekanan. Jefferson Montero melakukan penetrasi seorang diri ke kota penalti lawan, akan tetapi tendangan keras mendatarnya masih mampu ditepis dengan kaki Diego Benaglio di menit 65'.

Memasuki menit 70 pertandingan semakin seru. Swiss hampir bisa membalikkan keadaan melalui Josip Drmic. Sayang dirinya sudah dalam posisi offside. Lalu blunder fatal Benaglio juga hampir membuat Ekuador kembali unggul. Beruntung bola masih bisa disapu bersih oleh pemain bertahan Swiss, Steve von Bergen.

Menit ke 87' Ekuador mengancam melalui tendangan bebas Montero. Bola mengalir deras dan menyentuh pagar betis membuat Benaglio hampir terkecoh, walaupun akhirnya bisa diselamatkan. Kedua negara masih imbang 1-1.

Barulah di menit-menit akhir jelang bubar Swiss menambah keunggulan. Pemain pengganti Haris Seferovic memastikan kemenangan Swiss setelah menerima umpan terukur Rodgriguez. Dengan demikian Inler dkk memimpin klasemen sementara grup E.

Berikut data dan fakta Swiss vs Ekuador
Susunan pemain:
Swiiss: Diego Benaglio, Stephan Lichtsteiner, Johan Djourou, Steve von Bergen, Ricardo Rodriguez, Valon Behrami, Gokhan Inler (k), Xherdan Shaqiri, Granit Xhaka, Valentin Stocker, Josip Drmic (Haris Seferovic 75').
Pelatih: Ottmar Hitzfeld.

Ekuador: Alexander Dominguez, Juan Carlos Paredes, Frickson Erazo, Jorge Guagua, Walter Ayovi, Antonio Valencia, Carlos Gruezo, Christian Noboa, Jefferson Montero, Felipe Caicedo (Michael Arroyo 70'), Enner Valencia (k).
Pelatih: Reinaldo Rueda.

Skor: 2-1
Gol: Admir Mehmedi 48', Haris Seferovic 90+2' - Enner Valencia 22'
Tendangan ke gawang: 6-4
Penguasaan bola: 62- 38 persen
Pelanggaran: 9-15
Offside: 1-4
Kartu Kuning: Johan Djourou - Juan Carlos Paredes
Stadion: Estadio Nacional Mane Garrincha, Brasilia
Penonton: 68.000
Wasit: Ravshan Irmatov (Uzbekistan)

No comments:

Post a Comment