بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 100 Hari Hilang Lenyapnya MH370
Go Green

Clock Link

Monday, June 16, 2014

100 Hari Hilang Lenyapnya MH370



TEMPO.CO, Kuala Lumpur – Sudah seratus hari pesawat Malaysia Airlines MH370 menghilang ketika melakukan penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing.  Pencarian besar-besaran multinasional telah dilakukan tapi belum juga membuahkan hasil. Dan, penyebab pasti hilangnya pesawat Boeing-777 ini pun belum diketahui secara pasti.
Berikut 13 teori yang paling menonjol tentang penyebab hilangnya pesawat, seperti dikutip dari laman Independent.co.uk, akhir Mei lalu. (Baca: Satu dari 10 Warga AS Percaya MH370 Dicuri Alien)
1. Ditembak jatuh saat pelatihan militer
Dalam buku yang ditulis oleh seorang wartawan dan penulis Inggris Nigel Cawwthore disebutkan, berdasarkan keterangan saksi mata asal Selandia Baru, Mike McKay. Pekerja kilang minyak ini mengaku melihat pesawat tersebut terbakar seperti habis ditembak tak lama setelah pesawat hilang kontak ketika memasuki wilayah Vietnam. Memang, saat itu tengah terjadi pelatihan perang di Laut Cina Selatan yang melibatkan Thailand, AS, Cina, Jepang, dan Indonesia. (Baca: Klaim Lihat MH370, Pekerja Kilang Minyak Dipecat)
2.  Sengaja diterbangkan ke wilayah lain dan kemudian ditembak.
Mantan navigator Angkatan Udara Inggris (RAF) mengatakan, setelah tragedi 9/11, setiap pesawat tak dikenal yang memasuki wilayah udara negara lain akan dihadang oleh jet tempur negara tersebut. Tak jarang, hal ini akan berakhir dengan penembakan. Dari sinilah, MH370 diduga sengaja dikendalikan hingga memasuki wilayah udara lain dan ditembak. (Baca: Penulis Buku MH370: Pesawat Sengaja Dilenyapkan)
3. Berada di ‘bayangan’ radar pesawat lain.
Hingga kini, MH370 disebut berakhir di Samudera Hindia. Alih-alih terbang ke selatan, pesawat ini diduga terbang ke utara di bawah »bayangan” penerbangan Singapore Airlines SIA68 yang mengudara beberapa saat lebih dulu sebelum MH370. MH370 diduga mengekor dengan jarak yang dekat dan sedikit lebih tinggi dari SIA68. Dalam rute rute, MH370 diduga berbelok di sejumlah lokasi di Xinjiang, Kirgistan, atau Turkmenistan.
4. Mendarat di pantai pulau terpencil
Sebuah laporan menyebutkan MH370 berbelok ke kiri tak lama setelah hilang dari radar sipil. Dari situlah sejumlah spekulasi mengatakan bahwa pesawat ini mendarat di pantai di sebuah tempat seperti Kepulauan Andaman yang terletak di antara perairan Indonesia dan Thailand.
5. Mendarat di pangkalan militer AS
MH370 disebut telah disabotase dan diterbangkan ke sebuah pangkalan militer AS di atol milik Inggris, Diego Garcia. Namun, Kedutaan Besar AS di Malaysia telah membantah teori ini.
6. Menuju bandara terpencil di Langkawi, Malaysia
Seorang blogger penerbangan, Chris Goodfellow menyebutkan, MH370 mungkin mengalami masalah saat mengudara hingga pesawat berpenumpang 239 orang ini terpaksa mencari bandara terdekat dan akhirnya berbelok ke kiri menuju Pulau Langkawi.
7. Habis terbakar
Data saatelit Inmarsat menunjukkan bahwa pesawat ini terbang ke arah selatan selama berjam-jam sebelum akhirnya benar-benar menghilang. Dari sini diperkirakan, selama penerbangan beberapa jam ini, pesawat terbakar perlahan hingga akhirnya terbakar hebat dan jatuh.
8. Ledakan di kokpit
Teori ledakan ini menjelaskan mengapa tidak ada upaya pilot untuk memberi tahu apa yang terjadi.
9. Dibajak dan dihancurkan
Pembajakan telah menjadi teori paling populer yang berkembang meski dari hasil penyelidikan terhadap penumpang tidak menunjukkan sesuatu yang berhubungan dengan terorisme. Namun, banyak yang menduga pesawat ini dibajak dan dihancurkan oleh pembajak. Teori ini dikuatkan dengan pernyataan pejabat Malaysia yang menunjukkan bahwa pesawat ini terbang tak menentu setelah hilang dari radar sipil.pesawat ini sempat naik hingga ketinggian 45 ribu kaki sebelum akhirnya menjatuhkan diri sangat rendah.
10. Dibajak dan gagal
Penerbangan setinggi 45 ribu kaki bisa menyebabkan tekanan kabin berubah sehingga penumpang harus mendapat pasokan oksigen. Di sinilah pembajak diduga melakukan sabotase oksigen. Namun, kata teori ini, upaya tersebut gagal hingga akhirnya turut membunuh para pembajak.
11. Pilot bunuh diri
Sempat beredar kabar bahwa Kapten Zaharie Ahmad Shah melakukan upaya bunuh diri di tengah masalah pernikahan yang dialaminya. Namun, spekulasi ini dipatahkan oleh keluarga dan kerabat serta catatan kesehatan fisik dan mental yang baik.
12. Sabotase untuk penipuan asuransi jiwa
Sebuah spekulasi menyebutkan, salah satu penumpang mungkin ‘sengaja’ membuat pesawat jatuh dan menewaskan dirinya agar ia yang mungkin saja tengah dililit utang bisa mendapatkan klaim asuransi untuk keluarga dan melunasi utangnya.
13. ‘Disembunyikan’ CIA
Dalam blog pribadinya, Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad, menyebut bahwa badan intelijen pemerintah federal Amerika Serikat, CIA, telah menyembunyikan keberadaan MH370. Ia menduga bahwa pesawat ini telah diterbangkan jauh oleh agen CIA dan Boeing untuk alasan tertentu.

No comments:

Post a Comment