بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Ria Enes dan Boneka Suzan, Duet Fenomenal di Tahun 90-an
Go Green

Clock Link

Saturday, May 24, 2014

Ria Enes dan Boneka Suzan, Duet Fenomenal di Tahun 90-an


Suzan suzan suzan/Besok gede mau jadi apa/Aku kepingin pinter/ Biar jadi dokter... Tahu lagu ini? Judulnya Suzan Punya Cita-cita.
Lagu ini dipopulerkan oleh sebuah boneka bernama Suzan. Tapi tentu saja pemilik suaranya asli manusia, seorang penyiar radio Surabaya bernama Ria Enes. Ria Enes dan boneka Suzan pernah menjadi duet fenomenal industri hiburan tanah air di tahun 90-an. Suzan, si boneka yang disuarakan Ria Enes, dengan logat jawa timuran yang kental, membuat publik jatuh cinta dengan kejenakaannya. 
Suara Suzan yang semula hanya muncul di radio, pun melebarkan sayap ke kaset (awal 90-an kaset masih eksis) juga televisi. Ria Enes benar-benar mampu menghidupkan sosok boneka Suzan lewat suaranya. Mendengar Ria dan Suzan berdialog seperti menyimak dua orang yang sedang berbincang. Logatnya yang medok, bicaranya yang ceplas-ceplos persis seperti anak kecil, membuat siapa pun yang mendengarnya tergelak dibuatnya.
Kehadiran tokoh boneka Suzan, seperti ditulis Tabloid Bintang saat menampilkan Ria Enes dan Suzan di cover pada November 1997, terjadi secara kebetulan. Satu ketika, Ria yang harus siaran sendiri karena parnertnya berhalangan, mencoba berimprovasi dengan menciptakan suara anak kecil sebagai teman siaran. Ternyata upaya wanita kelahiran Malang, 29 Juni 1968 ini berbuah respon positif pendengar. Banyak pendengar Radio Suzana Surabaya yang langsung jatuh cinta pada karakter Suzan. 
Sejak itu Ria pun mulai rutin siaran dengan dua karakter, sebagai dirinya dan anak kecil bernama Suzan. Boneka Suzan memanggil Ria dengan sebutan "Kak Ria". Dalam perjalanan suara Suzan ini lalu diwujudkan dalam sosok boneka lucu menggemaskan. 
Sukses lewat radio, Ria dan Suzan mulai tampil di berbagai acara off air di Surabaya. Popularitas duet ini lalu menggoda seorang produser untuk mengajaknya rekaman. Album perdana, Si Kodok yang dirilis 1991, sukses. Album pertama sukses, disusul album kedua dan ketiga. Album ketiga, Suzan Punya Cita-cita juga sukses luar biasa pada 1993. Bahkan meraih HDX Award sebagai album terlaris. Tahun 90-an duet Ria Enes-Suzan berkibar di radio, panggung terbuka, televisi, dan tentu saja sebagai bintang iklan.
Begitu identiknya Ria Enes dan boneka Suzan, ketika Tabloid Bintang mewancarai dan memotret untuk cover (waktu itu menjelang pernikahan Ria dengan seorang pria bernama Irarto Wisnu Takari), Suzan pun dimintai pendapatnya. Jadi seolah-olah reporter Bintang mewancarai Suzan dan dimintai komentarnya tentang rencana pernikahan Kak Ria. Judul artikelnya: "Suzan: Semoga Kak Ria Bahagia".
Lalu apa kabar Suzan sekarang? Wah ini mesti ditanyakan pada Ria Enes yang bernama asli Wiwiek Suryaningsih. Tapi yang pasti Kak Ria kini sudah berkeluarga dan memiliki tiga anak, dan kabarnya konsentrasinya sekarang lebih ke dunia pendidikan.
Ah, kangen juga mendengar suara jenaka Suzan, "Kak Ria.. Kak Ria...."
(yb)http://www.tabloidbintang.com/

No comments:

Post a Comment