بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Saat Anak Pulang Sekolah, Tanyalah Tentang Perasaannya
Go Green

Clock Link

Monday, April 28, 2014

Saat Anak Pulang Sekolah, Tanyalah Tentang Perasaannya


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejak mencuatnya kasus kekerasan seksual di Jakarta International School (JIS), orangtua khususnya ibu tidak sedikit yang menjadi paranoid. Sekolah yang dianggap sebagai rumah kedua bagi anak ternyata jadi sarang pedofil.

Menurut Guru Besar Ilmu Kriminolog Universitas Indonesia, Prof Drs Adrianus Meliala, pedofil pada umumnya sulit diidentifikasi. Apalagi justru kebanyakan kasus kekerasan seksual dilakukan orang yang dekat dengan anak.

Selain memberikan pendidikan seks sejak dini, diperlukan juga komunikasi akrab yang terjalin antara anak dan orangtua.

"Habis pulang sekolah, jangan anak ditanya belajar apa, dapat nilai berapa saja. Terpenting tanya bagaimana perasaan anak hari ini. Apakah happy atau sedih. Dari situ orangtua bisa bertanya lebih lanjut dari jawaban anak," kata psikolog Seto Mulyadi saat menjadi pembicara dalam talkshow dengan tema 'Kiat Melindungi Anak dari Kekerasan Seksual' di Pinisi Edutainment, Jumat (25/4/2014).

Jika ada hal yang mencurigakan dari jawaban anak, segera periksa apakah ada lebam. Segera perhatikan berjalannya anak, apakah ada yang berbeda, apalagi anak mengigau, mengompol lagi.
Menurut Adrianus, ketika dicurigai adanya kekerasan seksual pada anak, segera bawa ke dokter dan polisi agar alat bukti masih ada.

"Seringkali anak mudah ditakut-takuti, tidak jelas keterangannya. Sehingga polisi harus hati-hati dalam menetapkan pelaku. Agar ada alat bukti, segera periksa anak ke dokter dan kepolisian. Sehingga masih tersisa sperma, sidik jari dan lainnya," kata Adrianus dikesempatan yang sama. (Lis)

No comments:

Post a Comment