بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Gara-gara Kitab Suci, Umat Hindu dan Islam Bentrok
Go Green

Clock Link

Monday, March 17, 2014

Gara-gara Kitab Suci, Umat Hindu dan Islam Bentrok


TEMPO.CO, Islamabad – Ratusan muslim Pakistan melakukan penyerangan dan pembakaran terhadap sebuah kuil Hindu di Distrik Larkana, selatan Pakistan. Serangan ini merupakan reaksi marah warga setelah muncul desas-desus bahwa anggota masyarakat Hindu telah menodai kesucian Al-Quran.

Dilaporkan laman Reuters, serangan yang terjadi pada Sabtu, 15 Maret 2014 tengah malam waktu setempat ini terjadi karena Sangeet Kumar, seorang pemuka agama Hindu, dituduh telah merobek halaman dari kitab suci umat Islam tersebut dan melemparkannya ke jalan.

Ratusan mahasiswa dari pesantren lokal menyerang kuil tersebut dengan tongkat. Butuh waktu sekitar 20 menit untuk menghancurkan pintu kuil tersebut. Setelah itu, massa pun menyulut api yang akhirnya memicu kebakaran di kuil ini.

Seorang saksi mata, Javed Shah, menuturkan polisi datang tak lama kemudian dan menyelamatkan Kumar dari amuk massa. Kini polisi tengah melakukan penyelidikan terhadap kasus ini.

Provinsi Sindh, tempat serangan itu terjadi, merupakan rumah bagi sebagian besar minoritas Hindu Pakistan yang berjumlah sekitar dua juta di antara populasi sekitar 180 juta. Ketegangan antara Pakistan dan negara tetangga India yang sebagian besar warganya penganut Hindu telah meningkat meskipun kekerasan jarang terjadi.

No comments:

Post a Comment