بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Tips Samsung Galaxy: Atasi Gangguan Koneksi Akibat Wi-Fi Tak Stabil
Go Green

Clock Link

Tuesday, February 11, 2014

Tips Samsung Galaxy: Atasi Gangguan Koneksi Akibat Wi-Fi Tak Stabil

Apakah Anda pernah mengalami masalah kehilangan koneksi saat berselancar di internet? Atau main game tiba-tiba terhenti saat sedang seru-serunya melawan musuh? Jika iya, kendala yang Anda hadapi kemungkinan besar bersumber dari tidak stabilnya koneksi gadget Samsung Galaxy dengan jaringan Wi-Fi.

Ketidakstabilan koneksi ini bisa disebabkan berbagai hal. Salah satunya adalah lambatnya koneksi ISP yang digunakan dan berdampak pada menurunnya kecepatan Wi-Fi yang diterima oleh gadget Anda. Penyebab lainnya ialah terhalangnya sinyal Wi-Fi dari router ke gadget Samsung Galaxy Anda yang diakibatkan oleh lokasi penempatan router yang kurang pas.

Cara mengatasinya cukup mudah, pertama Anda harus mendeteksi terlebih dahulu penyebab pasti tidak stabilnya sinyal Wi-Fi Anda. Jika hal tersebut disebabkan karena lambatnya koneksi, periksa kecepatan koneksi ISP Anda melalui speedtest.net. Bila hasilnya tidak bagus, misalnya saja tidak mencapai 64kbps, bisa dipastikan ini adalah sumber masalah Anda.



Tips Samsung Galaxy: Atasi Gangguan Koneksi Akibat Wi Fi Tak Stabil

Untuk masalah sinyal Wi-Fi yang terhalang dinding atau ruangan, Anda dapat mendeteksi masalah ini dengan mudah. Cukup dengan mendekatkan gadget dengan router, lalu jalankan kembali aplikasi yang sebelumnya terputus. Jika berjalan lancar maka masalah Anda telah selesai. Namun, bila sebaliknya, Anda berarti harus melakukan reset router untuk mengatasinya.

Sudah coba kedua cara di atas, tetapi masih gagal? Kalau begitu, penyebabnya mungkin ada pada gadget Samsung Galaxy Anda. Masalah bisa muncul kalau salah satu fitur pada gadget Samsung Anda yang secara otomatis memindahkan koneksi dari Wi-Fi ke jaringan 3G operator saat mendeteksi adanya ketidakstabilan koneksi pada Wi-Fi.

Di satu sisi, hal ini merupakan sebuah kelebihan yang dapat membantu menghemat baterai. Di sisi lain, fitur ini dapat menyebabkan konektivitas data gadget Samsung jadi tidak stabil. Untuk mengatasi hal ini, Anda cukup melakukan 4 langkah mudah berikut :

1. Buka menu pengaturan (setting) pada Samsung Galaxy Anda.
2. Pilih tab konektivitas, lalu pilih Wi-Fi.


Tips Samsung Galaxy: Atasi Gangguan Koneksi Akibat Wi Fi Tak Stabil

3. Saat daftar Wi-Fi muncul, tekan tombol menu dan pilih opsi lanjutan (Advance)
4. Hilangkan tanda centang pada pilihan pindah jaringan otomatis (Auto Network Switch)





Tips Samsung Galaxy: Atasi Gangguan Koneksi Akibat Wi Fi Tak Stabil

Dengan mematikan fitur tersebut, kini gadget Samsung Anda tidak akan secara langsung memindahkan pilihan koneksi dari Wi-Fi menjadi jaringan data operator. Alhasil, Anda akan terhindar dari kebingungan saat koneksi tiba-tiba terputus meski sinyal Wi-Fi dalam keadaan hidup.

Apabila mengalami kendala seperti itu, yang harus Anda lakukan hanyalah mematikan konektivitas Wi-Fi agar Anda bisa mendapatkan kembali akses internet yang lancar. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment