بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Makanan Bayi Terlarang
Go Green

Clock Link

Monday, January 13, 2014

Makanan Bayi Terlarang


Anak perlu diperkenalkan dengan beragam jenis makanan dan rasa. Pencernaan pada anak yang cenderung lebih sensitif, membuat perkenalan makanan ini dilakukan bertahap, disesuaikan dengan usianya. Sebagai orang tua, kita harus banyak mencari informasi agar mengetahui jenis makanan yang sebaiknya tidak diberikan kepada si kecil, terutama yang masih bayi. Salah memberi makanan dapat menimbulkan alergi, gangguan pencernaan dan apabila tidak ditangani dengan benar dapat menimubulkan hal yang fatal.

Berikut beberapa jenis makanan/ minuman yang sebaiknya tidak diberikan kepada bayi:

1. Jus buah. Sekalipun berasal dari buah, serat yang terdapat dalam buah segar sebagian besar akan hancur akibat proses pembuatan jus, dan yang tersisa adalah gula. Kandungan gula di dalam jus tersebut mempercepat proses pencernaan makanan, sehingga tubuh bayi tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan.

2. Penyedap rasa. Makanan yang menggunakan penyedap rasa sangat tidak disarankan untuk diberikan kepada bayi karena dapat mempengaruhi kinerja ginjal bayi yang belum sepenuhnya sempurna.

3. Telur. Pada usia yang masih bayi, telur tidak begitu disarankan untuk dikonsumsi karena dapat menimbulkan alergi pada bayi.

4. Daging asap dan daging olahan. Makanan jenis ini mengandung banyak lemak dan kolesterol serta mengandung pewarna dan bahan pengawet yang sangat berbahaya untuk bayi.

5. Kafein. Moms juga sebaiknya menghindari memberikan si kecil makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh dan cokelat. Makanan dan minuman berkafein dapat menyebabkan si kecil menjadi gelisah dan juga bisa mengganggu penyerapan kalsium.

6. Suplemen tambahan. Terkadang kita sebagai orang tua khawatir melihat anak kita yang masih bayi, kurus dan tidak menggemaskan, dan akhirnya kita memberikan vitamin dan suplemen tambahan. Sebelum memberikan suplemen atau vitamin tambahan untuk bayi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli, karenasSembarang memberikan vitamin pada bayi dan anak-anak ternyata bisa berbahaya.

Jadi apa yang sebaiknya diberikan pada bayi? Ikatan Dokter merekomendasikan bayi di bawah umur 6 bulan untuk hanya mengonsumsi ASI atau susu formula. Bayi berumur 6 sampai 12 bulan bisa mulai dikenalkan dengan air putih, tetapi ASI tetap menjadi minuman utama. Banyak-banyaklah mencari informasi mengenai menu masakan yang sehat untuk baik, dan jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan ahli gizi ataupun dokter anak yang akan memberikan saran dan contoh menu sehat yang dapat dibuat di rumah.

http://www.bilna.com/

No comments:

Post a Comment