بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Di Israel, Gunakan Kata 'Nazi' Bisa Berujung Bui
Go Green

Clock Link

Monday, January 13, 2014

Di Israel, Gunakan Kata 'Nazi' Bisa Berujung Bui


TEMPO.CO, Tel Aviv - Komite Menteri Israel untuk Legislasi menyetujui RUU yang akan melarang penggunaan kata "Nazi" dalam bentuk apapun, serta kata-kata dengan nada yang sama untuk alasan apapun. Penggunaan kata Nazi akan diizinkan hanya untuk "tujuan pendidikan, dokumentasi, dan penelitian sejarah atau ilmiah".

Setelah disahkan jadi UU, pelanggarnya akan menghadapi ancaman hukuman hingga enam bulan penjara dan denda sampai 100.000 shekel (setara Rp 341 juta). RUU ini juga melarang "menghina seseorang dengan berharap atau mengekspresikan harapan bahwa tujuan Nazi harus terpenuhi" serta "meratapi kenyataan bahwa Nazi gagal untuk mencapai tujuan mereka". RUU ini tidak akan melarang memanggil Nazi jika yang sebenarnya adalah demikian.

Selain melarang terminologi Nazi , RUU itu juga akan melarang memakai item termasuk pakaian bergaris yang dimaksudkan untuk menyerupai seragam yang dikenakan oleh para tahanan kamp konsentrasi, Bintang kuning Daud dan swastika dalam bentuk apapun.

RUU itu lahir atas inisiatif anggota parlemen dari partai Yisrael Beiteinu, Shimon Ohayon. Ia menyerukan pentingnya melarang penggunaan simbol-simbol dan terminologi Nazi.

"Fenomena menggunakan simbol-simbol Nazi dan terminologi hanya menjadi lebih umum dalam beberapa tahun terakhir," katanya. Penggunaan simbol-simbol itu, disebutkan dalam pembukaan undang-undang, merupakan rasa tidak hormat besar bagi korban holocaust dan keturunan mereka, dan layak mendapat kutukan. "Dunia di mana kita hidup harus memperkuat larangan menggunakan simbol-simbol dan terminologi dari Holocaust melalui legislasi, untuk mencegah fenomena dari penyebaran lebih lanjut," tulis pembukaan UU.

Menurut Ohayon, adalah sangat penting bagi Israel untuk bergabung dengan banyak negara lain di Eropa untuk melarang semua penggunaan simbol Nazi. "Peningkatan prevalensi kelompok-kelompok neo-Nazi yang menggunakan simbol-simbol ini merupakan bahaya bagi orang Yahudi, dan selama Israel tidak melarang penggunaan gambar seperti itu, kita tidak bisa menyikapi fenomena tersebut di seluruh dunia," katanya.

No comments:

Post a Comment