بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Dampak Banjir, Harga Sayuran Naik
Go Green

Clock Link

Wednesday, January 15, 2014

Dampak Banjir, Harga Sayuran Naik

Dampak Banjir, Harga Sayuran Naik

TEMPO.CO, Jakarta - Banjir yang melanda sejumlah daerah membuat pasokan sayuran menurun. Akibatnya, harga beberapa komoditas pertanian ini naik. "Yang paling terasa cabai dan bawang merah," kata Suminto, staf Pusat Data dan Informasi Pasar Induk Sayuran dan Buah Kramat Jati saat dihubungi, Kamis 16 Januari 2014.

Menurutnya, turunnya pasokan itu berdampak langsung pada terkereknya harga cabai dalam sepekan terakhir. Ia mencatat, harga cabai merah keriting naik dari Rp 30 ribu menjadi Rp 34 ribu per kilogram, cabai merah besar menanjak dari Rp 25 ribu menjadi Rp 28 ribu per kilogram. Begitu juga cabai rawit naik dari Rp 25 ribu menjadi Rp 27 ribu per kilogram.

Sementara harga bawang merah relatif stabil di angka Rp 14-15 ribu per kilogram. "Selain karena pasokan turun, permintaannya juga turun, jadi harganya tetap," kata Suminto.

Selain itu, harga beberapa sayuran lain yang juga naik adalah tomat, kol, dan wortel dari Rp 5 ribu per kilogram menjadi Rp 8 ribu per kilogram. Ketimun naik dari Rp 5 ribu menjadi Rp 6 ribu per kilogram, dan kentang naik dari Rp 10 ribu menjadi Rp 11 ribu per kilogram.

No comments:

Post a Comment