بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Serial Dokumenter yang Pernah Tayang di Indonesia
Go Green

Clock Link

Sunday, December 15, 2013

Serial Dokumenter yang Pernah Tayang di Indonesia

Di antara format acara televisi yang memiliki kekhasan dan memiliki penonton tersendiri ialah dokumenter. Sebetulnya dokumenter merupakan salah satu format acara televisi paling awal era tayangnya televisi itu sendiri, namun berbagai format baru nyaris saja menggilas acara ini utamanya acara dengan format hiburan seperti sinetron, gameshow, music show, talent hunting atau ajang pencarian bakat, dan quiz.

JUntungnya dulu, stasiun tv di indonesia sempat menayangkan beberapa serial dokumenter yang bisa dikatakan memorable, apa sajakah itu?

Henry's Amazing Animal



Henry's Amazing Animal atau lebih dikenal dengan judul Amazing Animal saja., adalah serial dokumenter yang ditujukan untuk anak-anak. Serial ini pernah ditayangkan di stasiun tv TPI (sekarang MNCTV) pada akhir 90an - awal 2000an, dan pernah ditayangkan kembali oleh tv anak Spacetoon.

dipandu oleh seoekor kadal (atau tokek?) berwarna hijau yang bernama henry dan seorang narator yang tidak terlihat (suaranya doang)., henry menyajikan pengetahuan tentang hewan-hewan yang ada di sekitar manusia, tentu saja dengan bahasa dan cara yang disenangi dan mudah dimengerti oleh anak-anak.


Killer Instinct & Crocodile Hunter



Killer Instict 
Killer Instict adalah serial dokumenter yang dipandu oleh om Rob Bredl yang terkenal dengan aksinya yang selalu telanjang kaki kemanapun dia pergi.

serial ini pernah ditayangkan di stasiun Lativi (sekarang TVOne), bercerita tentang perjalanan Rob Bredl menjelajahi benua Australia dan menaklukan hewan-hewan buas di sana.

Crocodile Hunter
Crocodile Hunter hampir serupa dengan Killer Instinct-nya om Bredl., hanya saja acara ini dipandu oleh Alm. Steve Irwin.,

Biasanya dalam acara ini, Steve lebih sering memperlihatkan aksinya dalam menaklukan buaya buas di wilayah hutan Australia.


Walking With Dinosaurs


Serial dokumenter keluaran BBC ini pernah ditayangkan oleh TPI (MNCTV) dan Indosiar.

Berbeda dari serial dokumenter lainya, WWD memperlihatkan kehidupan para dinosaurus di zaman prasejarah., teknologi CGI yang dipakai membuat dinosaurus-dinosaurus yang diperlihatkan seolah benar-benar kembali hidup.


Walking With Beast



Serial dokumenter yang merupakan sequel dari walking with dinosaurs., juga pernah ditayangkan di TPI (MNCTV) dan Indosiar.

Jika WWD memperlihatkan kehidupan di zaman dinosaurus., WWB memperlihatkan kehidupan setelah dinosaurus punah. Sebelum manusia berjaya di muka bumi., ternyata bumi dihuni oleh mahluk-mahluk yang menakjubkan.


National Geographic


Saya bener-bener lupa ama judul lengkapnya, yang jelas serial ini berada di bawah naungan national geographic., pernah ditayangkan di TPI (MNCTV), Lativi (TVone) dan Bandung TV.

serial dokumenter ini dipandu oleh narator perempuan dan biasanya acara ini diawali seolah-olah penonton berada dalam sebuah museum.,

tidak hanya menyajikan pengetahuan tentang hewan, namun menyajikan tentang kebudayaan dan keadaan alam yang ada di bumi.
http://wikipedia.com/

No comments:

Post a Comment