بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Khamenei Bersumpah Lanjutkan Program Nuklir Iran
Go Green

Clock Link

Friday, November 22, 2013

Khamenei Bersumpah Lanjutkan Program Nuklir Iran


TEMPO.CO, Teheran - Pemimpin Agung Iran, Ayatollah Ali Khamenei, bersumpah negaranya akan tetap melanjutkan program nuklir. Hal tersebut disampaikan dalam sebuah pidato di tengah pembicaraan krusial di Jenewa tentang perselisihan dalam soal program nuklir Iran.

Dalam sebuah pidato di televisi yang jarang dilakukan, Rabu, 20 November 2013, Khamenei mengatakan, para komandan pasukan Basij --sebuah kelompok relawan kaum muda Iran-- tidak akan mundur sejengkal pun demi kepentingan negaranya.

"Saya akan tetap mempertahankan sekuat tenaga hak-hak bangsa Iran, termasuk hak (mengembangkan) nuklir," ujar Khamenei. Dia menerangkan, "Saya juga tidak akan mundur selangkah pun dari hak-hak bangsa Iran."

Khemenei mengatakan lagi, para juru runding Iran harus menghormati batasan ini ketika mereka melakukan perundingan masalah nuklir dengan "musuh dan penentangnya".

Pernyataan keras Khamenei itu disampaikan beberapa jam sebelum para diplomat dari Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Cina, Rusia, dan Jerman membuka babak baru pembicaraan dengan juru runding Iran di Jenewa.

Iran telah menandatangani perjanjian nonproliferasi yang berisi tentang hak setiap negara untuk memiliki teknologi nuklir demi kepentingan sipil dan tidak mengembangkannya menjadi senjata nuklir.

Namun demikian, Iran dinilai oleh Badan Pengawas Nuklir PBB, IAEA, telah melanggar perjanjian lantaran melakukan sejumlah hal, seperti tidak melaporkan kegiatan dan tak mengizinkan tim inspeksi PBB melakukan kunjungan.

Dewan Keamanan PBB kembali meningkatkan sanksi terhadap Iran sehinga menimbulkan kelumpuhan ekonomi. Pertemuan Jenewa merupakan jalan untuk menghapus sanksi ekonomi, dengan syarat Iran harus meninggalkan program nuklirnya.

No comments:

Post a Comment