بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Foto Satelit Topan Haiyan Filipina
Go Green

Clock Link

Saturday, November 16, 2013

Foto Satelit Topan Haiyan Filipina

Di akhir tahun ini, dunia dikejutkan dengan kemunculan angin topan Haiyan yg menerpa Filipina. Mata dunia pun terarah ke sana karena sebagian wilayah Filipina (termasuk kepulauan) terkena dampak yang sangat buruk. 

Menurut berita, topaan Haiyan melebihi dahsyatnya badai Sandy dan badai Caterine. Topan Haiayan ini diperkirakan melaju di Filipina dengan kecepatan mencapai 320 km/jam dan memakan korban lebih dari 10.000 jiwa dan akan terus bertambah.


topan haiyan

Topan Haiyan (bahasa Tionghoa: 海燕), disebut di Filipina dengan Topan Yolanda, ialah salah satu siklon tropis terkuat yang pernah dicatat. Badai ini awalnya bermula dari suatu kawasan tekanan rendah di timur-tenggara Pohnpei di barat Samudera Pasifik pada 2 November. Setelah menjadi badai tropis dan mendapat nama Haiyan pada 00.00 UTC 4 November, sistem ini mulai bertambah kuat dengan pantas hingga mencapai intensitas topan pada 18.00 UTC 5 November. Bergerak secara umumnya ke barat, gangguan ini semakin berkembang dengan lingkungan tiupan angin ringan dan suhu permukaan laut hangat, menjadi depresi tropis pada awal keesokan harinya. Badai ini masuk dalam kategori 5 Skala badai Saffir-Simpson.

Diarahkan oleh badai subtropis di utara siklon, badai Haiyan melintasi di sisi utara Palau, di mana kerusakan angin besar terjadi. Setelah itu, ia terus meningkat; pada 12.00 UTC 7 November, Badan Meteorologi Jepang (JMA) menaikkan angin berkelanjutan 10-menit maksimum badai ini ke 235 km / jam (145 mph). Pada 8 November, siklon ini memasuki Laut China Selatan dan diturunkan tingkatan ke topan Kategori 4 oleh JTWC..

Badai ini menewaskan sedikitnya 10.000 orang.





dampak topan

No comments:

Post a Comment