بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Lidah Memutih, Apa Artinya?
Go Green

Clock Link

Thursday, October 10, 2013

Lidah Memutih, Apa Artinya?


Tanya:

Dok, kenapa lidah bisa berwarn putih? Apa benar lidah yang putih menandakan bahwa kita sedang sakit? Bagaimana mengatasinya? Mohon informasinya.
 
Donna

Jawab:

Hai Donna,

Lidah merupakan salah satu bagian rongga mulut yang terpenting, yang harus diperhatikan kebersihannya. Fungsi lidah adalah sebagai indra pengecapan dan membantu kita dalam proses bicara.
 
Jika kita mengamati lidah melalui mikroskop, di permukaan lidah akan tampak papila (seperti rambut-rambut) sehingga sisa makanan setelah dikunyah dapat tertinggal di antara papila-papila lidah. Oleh karena itu, jika kita mengabaikan kebersihan lidah, akan timbul bau mulut (halitosis) karena terjadi proses pembusukan sisa makanan oleh bakteri yang ada di dalam rongga mulut.

Lidah bisa berfungsi juga sebagai indikator atau petunjuk kesehatan seseorang. Lidah yang tampak kotor dan permukaannya tertutupi semacam plak berwarna putih menunjukkan kondisi tubuh sedang ada gangguan atau tidak fit, biasanya paling sering penyebabnya adalah dehidrasi yaitu kurangnya asupan cairan tubuh sehingga rongga mulut terasa kering.

Contohnya, saat kita terserang penyakit thypus/typoid fever di mana salah satu gejalanya yang nyata adalah suhu tubuh meningkat atau demam tinggi. Dalam kondisi demikian, secara otomatis akan terjadi dehidrasi dan akan terlihat 'coating' pada lidah. Hal ini wajar terjadi sebagai bentuk mekanisme tubuh yang terjadi pada lidah.

Jangan pernah sepelekan jika lidah tampak berwarna putih. Bisa jadi ini salah satu tanda penyakit mulut yang menyerang lidah. Sebaiknya jika sudah ada gejala yang serius seperti rasa perih, terbakar, berdarah pada lidah maka segeralah berkonsultasi dengan dokter ahli, atau ke dokter gigi yang berkompetensi menangani masalah penyakit mulut (drg.SpPM). Atau bisa juga nanti dirujuk ke dokter internis jika ternyata berhubungan dengan penyakit dalam.



drg. Nadya
 
Untuk menjaga agar lidah sehat dan bersih, setelah sikat gigi pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur, usahakan disertai juga dengan menyikat lidah, bisa dengan menggunakan sikat gigi atau sikat khusus lidah. Terakhir, gunakan selalu obat kumur yang mengandung chlorhexidine yang dapat menekan pertumbuhan mikroorganisme merugikan di dalam mulut.

Semoga bermanfaat, salam sehat selalu.

drg. Nadya Fadiha
Berpraktik di RS Masmitra, VNV Mediesteti Klinik dan RS Gandaria
www.MeetDoctor.com

No comments:

Post a Comment